Siap Berfungsi Akhir 2019, Tol Japek II Uji Kelaikan Beban Hari Ini

Semoga Libur Natal dan Tahun Baru gak macet-macetan 

Jakarta, IDN Times - Tol layang Jakarta-Cikampak (Japek) II diperkirakan rampung pada November tahun ini. Hal itu disampaikan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam akun Instagramnya, @Jokowi, Minggu (22/9).

Bahkan, Jokowi menyebutkan, Tol Japek II Senin besok akan dilakukan uji kelaikan beban menggunakan kendaraan bertonase besar.

Baca Juga: Kurangi Macet, Proyek Pembangunan di Tol Japek Dihentikan Selama Mudik

1. Tol Japek II akan dilakukan uji kelaikan beban

Siap Berfungsi Akhir 2019, Tol Japek II Uji Kelaikan Beban Hari IniANTARA FOTO/Risky Adrianto

Dalam unggahan tersebut, Jokowi mengatakan proses pembangunan tol layang Japek II telah mencapai progres hingga 96,5 persen, dan siap dilakukan uji coba konstruksinya.

“Hari Senin besok, uji beban dengan menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II,” kata Presiden, dalam unggahannya.

2. Tol Japek II akan beroperasi akhir November 2019

Siap Berfungsi Akhir 2019, Tol Japek II Uji Kelaikan Beban Hari IniANTARA FOTO/Risky Andrianto

Jokowi mengimbau kepada masyarakat yang kerap mengalami kemacetan imbas proyek tersebut, agar bersabar. Karena tak lama lagi proyek tersebut akan rampung.

“Nah, jika tak ada aral melintang, Japek II ini akan beroperasi pada akhir November 2019, dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan Tahun Baru 2020,” kata dia.

3. Tol Japek II diharapkan mengurangi kemacetan

Siap Berfungsi Akhir 2019, Tol Japek II Uji Kelaikan Beban Hari IniANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berharap, jika tol layang Japek II telah beroperasi, diharapkan dapat mengurangi angka kemacetan yang kerap terjadi.

“Apabila Japek II telah beroperasi, saya berharap kemacetan panjang di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek yang Anda alami hari-hari ini, akan berkurang jauh,” tutup Jakarta.

4. Tol Japek II menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini

Siap Berfungsi Akhir 2019, Tol Japek II Uji Kelaikan Beban Hari IniIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Untuk diketahui, Japek II adalah tol sekaligus jembatan terpanjang yang ada di Indonesia saat ini. Jalan tersebut membentang sepanjang 36,4 kilometer.

Konstruksinya sendiri ditunjang dengan sembilan ribu tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat.

Baca Juga: Jokowi Targetkan Tol Layang Japek II Rampung November Tahun Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya