Situasi Berangsur Kondusif, 293 Pengungsi Kembali ke Wamena

Lanud Silas Papara tampung warga yang akan ke Wamena

Jakarta, IDN Times - Tiga pekan pasca-kerusuhan, situasi di Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, berangsur kondusif. Sedikitnya 293 pengungsi sudah dipulangkan kembali ke tempat asalnya.

"Total pengungsi yang sudah kembali ke Wamena dari Jayapura ada 293 orang," kata Komandan Lanud Silas Papare Marsma Tri Bowo Budi Santoso melalui keterangan tertulis, Senin (14/10).

Baca Juga: Sorang Warga di Wamena Ditikam, Polisi Tingkatkan Patroli Keamanan  

1. Hampir sebagian warga telah kembali ke tempat tinggal masing-masing

Situasi Berangsur Kondusif, 293 Pengungsi Kembali ke WamenaANTARA FOTO/Arnas Padda

Bowo menjelaskan pemulangan pengungsi dilakukan secara bertahap. Terakhir, Jumat 11 Oktober lalu 104 pengungsi kembali ke Wamena menggunakan pesawat Hercules.

“Terdiri dari 78 orang dewasa dan 26 anak-anak,” kata dia.

2. Anak-anak diberikan peralatan sekolah agar tetap semangat belajar

Situasi Berangsur Kondusif, 293 Pengungsi Kembali ke WamenaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kepada anak-anak yang masih sekolah, Bowo mengatakan, Lanud Silas Papare memberi bingkisan berupa perlengkapan sekolah. Tujuannya, agar mereka mau kembali dan bersemangat sekolah.

“Bingkisan berupa tas sekolah, yang di dalamnya berisi sepatu dan perlengkapan sekolah lainnya. Sementara, untuk pengungsi dewasa dibekali dengan sembako secukupnya," ujar dia.

3. Lanud Silas Papara buka posko bagi masyarakat yang akan kembali ke Wamena

Situasi Berangsur Kondusif, 293 Pengungsi Kembali ke WamenaWarga menunggu pesawat Hercules milik TNI AU di Pangkalan TNI AU Manuhua Wamena, Jayawijaya, Papua, pada 25 September 2019. ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Untuk kelancaran pemulangan pengungsi, kata Bowo, saat ini Lanud Silas Papare telah membuka sejumlah posko sebagai tempat pendataan dan pendaftaran masyarakat yang akan kembali ke Wamena. Posko berada di sekitar Sentani dan Kota Jayapura.

"Setiap sore, kami mengumpulkan data dari setiap posko. Jika jumlahnya mencapai 70 orang, maka akan kita berangkatkan esok harinya," kata dia.

4. Kondisi di Wamena berangsur kondusif

Situasi Berangsur Kondusif, 293 Pengungsi Kembali ke WamenaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sementara, Wakil Kepala Polres Jayawijaya AKP Leonard Yoga mengatakan, situasi dan kondisi keamanan di Wamena saat ini berangsur kondusif pasca-penikaman warga di Jembatan Wouma pada Sabtu (12/10) lalu.

"Situasi Wamena saat ini kondusif. Patroli juga ditingkatkan agar tidak kecolongan," kata Leonard.

5. Menhub imbau Bandara Wamena segara dioperasikan kembali

Situasi Berangsur Kondusif, 293 Pengungsi Kembali ke WamenaIDN Times/Hana Adi Perdana

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan dalam waktu sepekan ke depan, Bandara Wamena akan kembali beroperasi secara normal, setelah sempat dihentikan akibat aksi demonstrasi anarkis yang terjadi pada 23 September 2019.

“Mestinya dalam waktu tidak sampai seminggu akan normal. Karena saya pikir sudah aman. Saya dapat info, baik dari Pak Kapolda maupun Pak Panglima bahwa sudah relatif aman. Jadi segera akan dilaksanakan (beroperasi),” kata Budi.

Meski kondisi Wamena realtif aman, masih ada upaya-upaya provokasi dari kelompok separatis Papua melalui media sosial. Misalnya di laman Facebook Free Papua Movement Australia, yang menyampaikan narasi harus disegerakan intervensi ke Papua Barat dengan alasan masih adanya kekerasan.

Hal sama juga dilakukan di laman Facebook Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang menyampaikan narasi tak berdasar, bahwa akan adan razia skala besar di Jayawijaya untuk mencari oknum-oknum yang masih melakukan kekerasan.

Baca Juga: DPD RI Berikan Bantuan bagi Korban Kerusuhan Wamena dan Gempa Maluku 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya