Comscore Tracker

Soal Penenggelaman Kapal, Ini Pesan Habibie Kepada Menteri Susi

Menteri Susi Pudjiastuti melawat ke rumah duka BJ Habibie

Jakarta, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut sosok Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai pelopor lahirnya kebebasan berpendapat dan pers di Indonesia.

Susi pun mengatakan dirinya sangat terpukul dan merasa kehilangan saat mendengar kabar wafatnya BJ Habibie. Ia menyampaikan duka yang mendalam kepada keluarga yang ditingggalkan.

“Pak Habibie adalah pelopor kebebasan kemerdekaan. Beliau juga yang membuka pers untuk sangat bebas dan merdeka,” kata Susi di kediaman Habibie, Jalan Patra XIII, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Susi menceritakan terakhir kali dirinya bertemu dengan Habibie. Pertemuan tersebut terjadi pada bulan April lalu di Batam ketika dirinya usai melalukan penenggelaman kapal asing yang hendak mencuri ikan di lautan Indonesia.

“Saya cerita kepada beliau, beliau bilang ‘Go still stand, still strong, continue your work’. Itu saya pikir luar biasa, selalu memberikan optimisme dan dukungan. Selalu positif, beliau tidak pernah punya energi negatif. Selalu positif kalau ketemu beliau,” kenangnya.

Habibie sendiri akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada pukul 13.30 WIB. Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan memimpin langsung upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut.

Baca Juga: Bisikan Quraish Shihab Bikin Habibie Menangis Sebelum Wafat

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You