Solo Penting bagi PDIP, Seleksi Calon Wali Kota Digelar Ketat 

Jokowi mengawali karier politiknya di Solo bersama PDIP

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Kota Solo menjadi salah satu daerah yang dianggap penting bagi partai berlambang banteng moncong putih.

Oleh sebab itu, kata Hasto, proses seleksi bagi bakal calon wali kota Solo akan dilakukan secara ketat dan penuh pertimbangan.

Baca Juga: Gibran Tiba di DPP PDIP Jalani Uji Kelayakan Calon Wali Kota Solo

1. Jokowi mengawali karier politiknya di Solo bersama PDI Perjuangan

Solo Penting bagi PDIP, Seleksi Calon Wali Kota Digelar Ketat Presiden Jokowi dan Presiden Singapura Halimah Yacob, di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 4 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Untuk diketahui, Presiden Joko “Jokowi” Widodo juga mengawali karier politiknya bersama PDI Perjuangan dari kota tersebut.

“Karena proses kepemimpinan Pak Jokowi juga berasal dari Solo. Di situ merupakan die hard-nya banteng di Jawa Tengah dan Indonesia, sehingga hal ini dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai mekanisme partai,” kata Hasto di DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/2).

2. Ada 3 kandidat yang sedang menjalani uji kelayakan calon wali kota Solo

Solo Penting bagi PDIP, Seleksi Calon Wali Kota Digelar Ketat Kantor DPP PDIP Jakarta (IDN Times/Fitang Budhi Aditya)

Hasto menjelaskan, saat ini partainya sedang mengadakan tes uji kelayakan atau fit and proper test terhadap 3 bakal calon wali kota Solo yaitu Gibran Rakabuming Raka, Achmad Purnomo, dan Teguh Prakoso.

Uji kelayakan dilakukan secara tertutup berdasarkan arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Saat ini Mas Gibran, Pak Pur, dan juga Pak Teguh sedang menikmati makan siang. Kami siapkan sambal terasi khusus khas PDI Perjuangan bersama pecel, pokoknya menunjukkan komitmen PDI Perjuangan bahwa terhadap para tamu pun kami menjamu dengan makanan khas Indonesia,” ujarnya.

3. Puan Maharani jadi salah satu panelis tes uji kelayakan

Solo Penting bagi PDIP, Seleksi Calon Wali Kota Digelar Ketat Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan dengan Pimpinan Media, di Gedung DPR RI, Kamis 28 November 2019. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Uji kelayakan, kata Hasto, akan dilakukan oleh sejumlah elite PDIP, antara lain Ketua DPP Bidang Ideologi Djarot Saiful Hidayat dan Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul.

“Nanti juga akan bergabung mbak Puan Maharani,” tutur Hasto.

4. Mereka yang punya komitmen terbaik untuk Kota Solo akan diusung oleh PDI Perjuangan

Solo Penting bagi PDIP, Seleksi Calon Wali Kota Digelar Ketat surakarta.go.id

Sejumlah pertanyaan, lanjut Hasto, akan disampaikan oleh sejumlah panelis kepada para kandidat. Mereka yang memiliki visi misi terbaik untuk Solo akan dipilih oleh PDI Perjuangan untuk maju di Pilkada 2020.

“Ya komitmen di dalam menjalankan kepemimpinan sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah, dan juga tentu saja aspek-aspek leadership itu sangat penting tetapi juga konsepsi,” ujar Hasto.

Baca Juga: Gerindra Solo Dapat Restu Prabowo Dukung Gibran di Pilkada 2020

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya