Suharso Konsolidasi Politik Naik Jet Pribadi, Ini Penjelasan PPP

Jet pribadi yang dinaiki Suharso pinjaman dari rekanya

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, mendapat sorotan dari internal partainya setelah melakukan kunjungan ke Medan dan Aceh menggunakan jet pribadi.

Anggota Majelis Pakar PPP, Nizar Dahlan, menduga Suharso sedang melakukan konsolidasi internal jelang muktamar partai pada 19 Desember mendatang, yang salah satu agendanya adalah pemilihan ketua umum baru. Nizar pun mempertanyakan dana yang digunakan untuk menyewa jet pribadi tersebut.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha mengatakan, penggunaan jet pribadi itu tidak dalam bentuk carteran, tidak menggunakan dana partai, fraksi, dan Kementerian PPN/Bappenas.

"Padatnya kegiatan Pak Suharso Monoarfa dalam konsolidasi tersebut dan terbatasnya fasilitas yang dimiliki partai, menyebabkan kawan-kawan beliau merasa perlu memberikan pinjaman pesawat pribadi agar mobilitas Plt Ketum PPP tersebut dapat maksimal melaksanakan tugas-tugas partai,” kata Syaifullah melalui keterangan tertulisnya, Jumat (30/10/2020).

1. Kunjungan ke Medan dan Aceh terkait konsolidasi Pilkada 2020

Suharso Konsolidasi Politik Naik Jet Pribadi, Ini Penjelasan PPPKetua Umum PPP Suharso Monoarfa disambut tarian Angngaru di Grand Claro Hotel Makassar, Minggu (16/2). IDN Times/Asrhawi Muin

Terkait dengan kunjungan Suharso ke Medan dan Aceh, Syaifullah menjelaskan bahwa hal itu bukan hanya terkait konsolidasi menjelang muktamar saja, tapi juga konsolidasi Pilkada Serentak di 270 daerah untuk memenangkan pasangan calon yang diusung PPP.

"Perlu kami klarifikasi, bahwa berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM Nomor : M.HH-10.AH.11.01 tanggal 5 November 2018 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Kepengurusan DPP PPP masa jabatan 2016-202, tidak terdapat nama saudara Nizar Dahlan sebagai Anggota Dewan Pakar DPP PPP,” ujar Syaifullah yang juga ditunjuk sebagai Wakil Ketua Steering Committee (SC) Muktamar PPP ke-9.

Baca Juga: Suharso Deklarasikan Siap Maju Jadi Calon Ketua Umum PPP Definitif

2. Kunjungan Suharso dengan jet pribadi mendapat sorotan dari elite PPP

Suharso Konsolidasi Politik Naik Jet Pribadi, Ini Penjelasan PPPPlt Ketum PPP Suharso Monoarfa saat kunjungan ke daerah (ANTARA/HO)

Sebelumnya, Nizar Dahlan, menyoroti kunjungan yang dilakukan Plt Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa ke sejumlah daerah menjelang muktamar partai berlambang Ka’bah tersebut.

Suharso, kata Nizar, melakukan konsolidasi internal dengan menggunakan jet pribadi ke Medan dan Aceh setelah foto Suharso dan pengurus DPP turun dari pesawat pribadi itu beredar di grup WhatsApp. Di dalam foto itu, Suharso Monoarfa dan Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani tengah disambut oleh pengurus PPP daerah dan diberikan slempang hijau.

"Ini Ketua Umum PPP menyewa pesawat ke Medan dan Aceh urusan partai, dari mana uangnya? Harus dijelaskan," kata Nizar dikutip dari ANTARA, Jumat (30/10/2020).

3. Suharso dinilai tidak peka terhadap kondisi bangsa akibat pandemik COVID-19

Suharso Konsolidasi Politik Naik Jet Pribadi, Ini Penjelasan PPPKetua Umum PPP Suharso Monoarfa (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Oleh karena itu, Nizar mempertanyakan dana untuk menyewa jet pribadi tersebut, yakni memakai uang partai, dana kementerian, atau dana pribadi. Kader dan umat, kata dia, harus mengetahui dengan jelas dana apa yang dipakai untuk menyewa pesawat pribadi sebab biayanya jelas tidak murah alias sangat mahal.

Nizar pun menyindir Suharso yang tidak peka terhadap kondisi bangsa hari ini akibat pandemik COVID-19. "Rakyat lagi menjerit dalam kemiskinan dan kelaparan, Plt. Ketum malah pakai jet pribadi untuk konsolidasi," ujarnya.

Baca Juga: Elite PPP Soroti Gaya Suharso Monoarfa Konsolidasi Pakai Jet Pribadi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya