Comscore Tracker

Survei: 58,8 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

PDIP sebut ini wujud optimisme sambut periode kedua Jokowi

Jakarta, IDN Times - Tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja pemerintahan Joko “Jokowi” Widodo di akhir periode pertama, bisa dikatakan cukup memuaskan.

Hal itu tergambar dalam hasil survei Litbang Kompas per Oktober 2019 yang menyebut, tingkat kepuasan masyarakat berada di angka 58,8 persen.

Baca Juga: Potret Jokowi Memimpin Indonesia Diabadikan Fotografer Ini dalam Buku

1. Kerja Jokowi di periode pertama diapresiasi masyarakat

Survei: 58,8 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Charles Honoris mengatakan, masyarakat sangat menghargai apa yang telah dikerjakan oleh Jokowi pada periode pertama, dari 2014 sampai 2019.

“Ini adalah bukti bahwa rakyat Indonesia tetap mengapresiasi positif kerja-kerja pemerintah, terlepas dari segala dinamika yang terjadi belakangan ini,” kata Charles melalui keterangan tertulisnya, Jumat (18/10).

2. Citra Jokowi lebih tinggi dibanding kepuasaan kerjanya

Survei: 58,8 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Survei tersebut juga merilis soal citra Jokowi di mata masyarakat. Hasilnya, sekitar 73,3 persen responden menilai bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut baik.

“Berbanding lurusnya tingkat kepuasan masyarakat dengan citra diri “baik” Jokowi, juga menunjukkan bahwa keberhasilan pembangunan oleh pemerintah di sejumlah bidang dalam 5 tahun terakhir, tidak lain adalah berkat kepemimpinan yang baik dari sang Presiden,” tutur Charles.

3. Optimisme masyarakat jadi modal penting Jokowi di pemerintahan selanjutnya

Survei: 58,8 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja JokowiIDN Times/Istimewa

Charles menambahkan, kepuasan masyarakat dan citra Jokowi yang tetap tinggi di penghujung periode pertama pemerintahananya, adalah wujud optimisme masyarakat dalam menyongsong periode kedua pemerintahan Jokowi.

“Optimisme ini jadi modal penting Jokowi-Ma’ruf Amin dan jajaran pemerintahan yang terbentuk nantinya untuk terus bekerja, kerja, kerja menggenapi janji-janji kampanyenya,” ujar Charles.

4. Tantangan di periode kedua Jokowi semakin tinggi

Survei: 58,8 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih jauh ia menegaskan, tantangan pemerintahan Jokowi ke depan sangat berat baik di internal maupun eksternal. Mulai dari tantangan konsolidasi nasional, sampai ancaman resesi global. Oleh sebab itu, dukungan dari masyarakat sangat penting untuk kelangsungan hidup bangsa.

“Namun dengan modal optimisme masyarakat dan konsistensi kerja keras pemerintah, kita yakin tantangan tersebut bisa teratasi. Tidak ada tantangan yang terlalu besar jika kita semua bersatu padu dan bergotong royong menghadapinya,” ujar Charles.

Topic:

  • Sunariyah

Just For You