Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Provinsi Indonesia

Kalau kalian pilih siapa nih?

Jakarta, IDN Times - Pasangan Joko “Jokowi” Widodo dan Ma’ruf Amin mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno terkait pertarungan jumlah suara di seluruh Pulau besar yang ada di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lingkar Survei Indonesia Denny JA (LSI Denny JA) yang dilakukan pada 14-22 September 2018 melalui face to face interview menggunakan kuisioner. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin error sebesar 2,9 persen.

1. Jokowi-Ma’ruf menang telak di Pulau Jawa

Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Provinsi IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam hasil survei tersebut unggul telak di Pulau Jawa yang seperti diketahui merupakan pulau yang sangat padat penduduk di Indonesia. Sang petahana unggul dengan angka 52,6 persen.

“Jawa secara populasi pemilih ada 56,7 persen. Ini gabungan Jabar, Jateng, Jatim, Banten, hingga DKI. Sejauh ini di Jawa masih dikuasai Jokowi-Ma'ruf, sedangkan Prabowo-Sandi 25,9 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (27/9).

2. Selisih tipis di Pulau Sumatera

Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Provinsi IndonesiaANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Setidaknya ada lima pulau lain yang dilakukan survei selain Pulau Jawa, antara lain Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, serta Bali dan Nusa Tenggara.

“Di Pulau Sumatera sendiri Jokowi-Ma’ruf  unggul tipis yaitu 44,8 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi 43,8 persen,” terang Ardian.

Baca Juga: Jokowi Mengaku Sudah Tahu Pilihan Yenny Wahid Sejak Awal

3. Jokowi-Ma’ruf juga kuasai Indonesia Timur

Survei LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf Unggul di Semua Provinsi IndonesiaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Untuk Pulau Kalimantan sendiri, Jokowi-Ma’ruf kembali unggul dengan sangat signifikan dari sang lawan. Mereka unggul 61,4 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga hanya 30 persen.

“Sulawesi base pemilihnya 7,5 persen, Jokowi-Ma’ruf Amin juga unggul sangat tinggi yaitu 58,9 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 26,7 persen. Tapi yang belum memutuskan untuk memilih masih 14,4 persen disana,” pungkasnya.

Sementara di kawasan Indonesia Timur, lagi-lagi Jokowi-Ma’ruf jauh mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga. Di Pulau Maluku dan Papua mereka unggul 76 persen sementara di Pulau Bali dan Nusa Tenggara sendiri 50 persen responden memilih sang petahana untuk melanjutkan kepemimpinan.

Ikuti terus berita-berita seputar Pemilu 2019 di Millennials Memilih IDN Times. #MillennialsMemilih.

Baca Juga: Mahfud MD Batal Jadi Cawapres, Ini Curhatan Jokowi pada Buya Syafii

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya