Comscore Tracker

Tamparan Keras! Monolog Najwa Shihab dengan Menkes Terawan Disorot

Wah bisa jadi tamparan keras nih untuk Menkes Terawan

Jakarta, IDN Times - Lama tak terlihat kemunculannya di hadapan publik, kini Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto kembali mendapat sorotan dari warganet. Kali ini bukan karena pernyataan kontroversial yang kembali diucapkan olehnya ke publik terkait pandemik COVID-19 di Indonesia.

Menteri Terawan menjadi trending topic di Twitter lantaran Najwa Shihab, selaku tuan rumah dalam program Mata Najwa berusaha untuk menghadirkan sosok pensiunan jenderal TNI bintang tiga itu untuk memberikan informasi terkini seputar wabah COVID-19 di Tanah Air.

1. Najwa membuat acara monolog dengan Terawan yang kemudian viral di media sosial

Tamparan Keras! Monolog Najwa Shihab dengan Menkes Terawan DisorotYoutube.com/Najwa Shihab

Panggung komunikasi publik pun telah diberikan Najwa, namun Terawan tidak kunjung memberikan respons untuk hadir dalam programnya tersebut. Merasa miris dengan hal tersebut, Najwa kemudian membuat sesi diskusi monolog dengan Menkes yang diberi judul #MataNajwaMenantiTerawan.

Dalam kesempatan itu, Najwa menyindir Terawan dengan sebutan menteri kesehatan yang paling low profile di seluruh dunia karena jarang muncul di hadapan publik.

Baca Juga: Deretan Teguran Jokowi untuk Terawan selama COVID-19 Landa Indonesia

2. Warganet sebut ide Najwa Shihab sebagai tamparan keras untuk Terawan

Tamparan Keras! Monolog Najwa Shihab dengan Menkes Terawan DisorotSindiran warganet untuk Menkes Terawan (Twitter.com/@mazzini_gsp)

Video yang terbagi dalam sejumlah bagian itu kemudian viral dan menjadi trending topic di Twitter. Senada dengan Najwa, warganet pun ikut mengungkapkan kekecewaannya kepada Terawan atas minimnya informasi yang diberikan oleh dirinya sebagai juru wabah pandemik.

“Gila, ide @NajwaShihab dan @narasitv untuk monolog seolah wawancara dengan Menteri Terawan ini benar-benar tamparan keras dan karya jurnalistik yg epik. Wajarlah Pak Luhut selalu bersedia wawancara sama Mbak Najwa walau tersudut, daripada nasibnya seperti Pak Terawan, lebih malu,” ujar akun @mazzini_gsp.

3. Terawan disebut warganet sebagai menteri yang sok sibuk

Tamparan Keras! Monolog Najwa Shihab dengan Menkes Terawan DisorotSindiran warganet untuk Menkes Terawan (Twitter.com/@GilangGumilaang)

Bahkan akun @GilangGumilaang menuturkan, Terawan menjadi menteri yang sok sibuk karena kerap menolak wawancara oleh Najwa.

“Kalo tidak bisa hadir di studio mbok ya kan masih ada zoom, skype, googleclassroom, line, wa, atau daring webcam lainnya. Masa iya ngga bisa luangin waktu 20 menit smpe 30 menit. Mentrinya aja yang sok sibuk padahal kerjaannya juga belum tentu sibuk,” tulis akun @GilangGumilaang.

4. Ucapan kontroversial Terawan selama pandemik COVID-19

Tamparan Keras! Monolog Najwa Shihab dengan Menkes Terawan DisorotKeterangan Pers Menteri Kesehatan di Kantor Presiden pada Senin (14/9/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menteri Terawan bisa dibilang sebagai salah satu menteri yang paling kontroversial selama pandemik COVID-19 masuk ke Indonesia.

Dalam banyak kesempatan wawancara di ruang publik, sosok Terawan yang harusnya bisa menjadi juru wabah yang baik, justru kerap melontarkan pernyataan yang kontradiktif dengan keadaan yang sebenarnya.

Berikut ini pernyataan kontroversial Terawan di publik:

Terawan minta masyarakat berdoa agar terhindar dari COVID-19

Satu bulan sebelum pandemik COVID-19 masuk ke Indonesia atau pada pertengah Februari lalu. Terawan mengimbau kepada warga agar tetap tenang karena virus ini tidak akan menularkan mereka jika selalu berdoa.

"Secara medis doa, semua karena doa, saya yakin doa lah yang membuat kita semua (bebas virus corona)," ujar Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

Terawan minta masyarakat enjoy aja menghadapi COVID-19

Masyakarat semakin dibuat geram dengan Terawan saat ia meminta masyarakat untuk ‘enjoy’ dalam menghadapi virus corona. Meski ia mengeluarkan pernyataan itu untuk menenangkan masyarakat, namun tetap saja publik menganggap bahwa Terawan mengentengkan wabah tersebut.

"Dari 1,4 miliar penduduk sana ya paling 2 ribuan (yang terkena virus corona). (Sebanyak) 2 ribu dari 1,4 miliar itu kan kayak apa. Karena itu pencegahannya jangan panik, jangan resah. Enjoy saja, makan yang cukup," kata Terawan usai menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Perhubungan soal penyebaran virus corona.

Baca Juga: Jarang Muncul ke Publik selama COVID-19, di Mana Menkes Terawan?

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya