Tanoto Foundation Fasilitasi Tim Medis dan Tim Teknis Masuk ke Palu

Demi memperlancar proses tanggap darurat di wilayah tersebut

Palu, IDN Times - Gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan sekitarnya membuat akses menuju ke kota tersebut sangat terbatas. Padahal masyarakat terdampak gempa dan tsunami membutuhkan bantuan makanan, tim medis maupun relawan.

1. Tanoto Foundation terbangkan relawan ke Palu

Tanoto Foundation Fasilitasi Tim Medis dan Tim Teknis Masuk ke PaluANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Oleh karena itu Tanoto Foundation, organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto ikut membantu mengurangi kesulitan korban gempa Sulawesi Tengah, mulai tahap tanggap darurat hinga pemulihan.

Dalam masa tanggap darurat pertama pasca gempa, Tanoto Foundation menyediakan pesawat untuk tim medis dan teknis dari berbagai organisasi mitra untuk pergi dari dan menuju Palu dengan rute Balikpapan-Palu mulai tanggal 4 Oktober hingga 6 Oktober 2018.

2. Untuk sumbangsih membangun kembali Palu dan sekitarnya

Tanoto Foundation Fasilitasi Tim Medis dan Tim Teknis Masuk ke PaluANTARA Foto

Hal ini karena akses menuju Palu sangat terbatas sehingga menghalangi proses evakuasi pasca gempa.

"Kami berduka atas bencana yang menimpa saudara-saudara kita di Palu dan Donggala. Tanoto Foundation yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga mitra, merasa terpanggil untuk turun tangan dalam penanganan bencana di masa tanggap darurat," ujar CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Minggu (7/10).

3. Tanoto Foundation salurkan bantuan kepada korban bencana di Palu

Tanoto Foundation Fasilitasi Tim Medis dan Tim Teknis Masuk ke PaluANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Tak hanya itu, Tanoto mendonasikan dana Rp1 miliar kepada kepada korban gempa di Palu dan Donggala. Dari jumlah tersebut, Rp750 juta disalurkan melalui lembaga mitra Save The Children, sedangkan Rp250 juta untuk untuk dukungan medis dan psikososial.

Bantuan yang diberikan Tanoto Foundation berupa peralatan medis dan obat-obatan serta transportasi untuk tim teknis dan tim medis dari lembaga mitra. Selain itu, ada juga bantuan peralatan rumah tangga, kebersihan, dan tenda.

Pemulihan psikologis anak-anak pasca bencana juga menjadi perhatian penting Tanoto, termasuk memfasilitasi asesmen kebutuhan bantuan oleh mitra untuk tahap rehabilitasi.

4. Tanoto Foundation juga akan bantu masyarakat Palu hingga tahap pemulihan

Tanoto Foundation Fasilitasi Tim Medis dan Tim Teknis Masuk ke PaluANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Tanoto Foundation juga akan ikut andil nantinya di tahap pemulihan dengan memberikan bantuan sesuai dengan hasil asesmen lembaga mitra di tahap sebelumnya, termasuk pembangunan sarana dan fasilitas pendidikan.

Tanoto juga menggalang dana dari seluruh staf Tanoto Foundation dan RGE Group yang oleh Tanoto Foundation, dana tersebut akan ditambah dua kali lipat dari jumlah yang terkumpul, sehingga total menjadi tiga kali lipat.

"Kami berharap upaya kami bisa membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana,” kata Satrijo.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya