Tanoto Foundation Kembangkan 31 Perpustakaan di Tiga Provinsi

Sebagai Implementasi Program #1Emas1Perpustakaan

Riau, IDN Times - Tanoto Foundation, organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto hari ini meresmikan proyek pengembangan perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri 011 Sering Barat, Pangakalan Kerinci, Riau.

Pengembangan perpustakaan ini merupakan bagian dari program #1Emas1Perpustakaan dalam rangka kegiatan dukungan Tanoto Foundation terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 yang lalu.

1. Tanoto Foundation kembangkan perpustakaan di sekolah mitranya

Tanoto Foundation Kembangkan 31 Perpustakaan di Tiga ProvinsiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo mengatakan, setidaknya ada 31 perpustakaan di sekolah mitra Tanoto Foudation yang akan mendapatkan pengembangan sesuai dengan jumlah emas yang diraih oleh atlet Indonesia dalam ajang pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

“Program #1Emas1Perpustakaan merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang juga awal dari pengembangan perpustakaan di 30 sekolah mitra lainnya. Selaras dengan filosofi Tanoto Foundation, kami percaya bahwa pendidikan yang berkualitas akan mempercepat munculnya kesetaraan peluang,” ujar Satrijo di SDN 011 Sering Barat, Pangkalan Kerinci, Riau, Sabtu (22/9).

2. Menghadirkan peraih medali emas Asian Games 2018 sebagai motivasi siswa

Tanoto Foundation Kembangkan 31 Perpustakaan di Tiga ProvinsiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Dalam peresmian perpustakaan ini, Tanoto Foundation juga mengundang atlet peraih medali emas cabang olahraga angkat besi Asian Games 2018, yakni Eko Yuli Irawan untuk berbagai inspirasi dengan siswa-siswi SDN 011 Sering Barat. Di sana, Eko Yuli menceritakan tentang perjuangan dan pengalamannya menjadi seorang atlet berprestasi tingkat dunia.

“Saya sangat senang ketika diberi kabar tentang program #1Emas1Perpustakaan ini, dan lebih senang lagi karena saya dapat berkontribusi dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan, terutama dalam pengembangan minat dan kemampuan baca anak-anak Indonesia," kata Eko. Dia berharap dukungan itu akan membuka peluang anak-anak untuk meraih mimpi mereka di masa depan.

 

Baca Juga: Ini Daftar 7 Perpustakaan dengan Koleksi Katalog Terbanyak di Dunia

3. Program ini mendapatkan apresiasi yang baik dari siswa/i SDN 011 Sering Barat

Tanoto Foundation Kembangkan 31 Perpustakaan di Tiga ProvinsiIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Natasya Putri (11) murid kelas VI SDN 011 Sering Barat mengucapkan terima kasih atas bantuan perbaikan perpustakaan di sekolahnya yang diberikan oleh Tanoto Foundation tersebut.

“Perasaannya seneng banget, saya janji bakal rajin baca. Klo buku bacaan yang saya suka baca itu buku tentang agama Islam,” ujar siswi berkerudung ini.

Tanoto Foundation telah menjalankan kegiatan kampanye peningkatan minat dan kemampuan membaca anak-anak Indonesia sejak 2010. Melalui kegiatan ini, Tanoto Foundation telah merenovasi dan membangun perpustakaan di 186 sekolah, mendonasikan lebih dari 32 ribu buku, dan melatih lebih dari 1.800 guru dalam mengelola perpustakaan di wilayah pedesaan di Provinsi Riau, Jambi, dan Sumatera Utara.

Baca Juga: Eko Yuli: Lebih Tegang Bacain Dongeng daripada Bertanding

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya