Ternyata Ini yang Membuat Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma’ruf

Yenny menegaskan, sikap politiknya tidak mewakili keluarga

Jakarta, IDN Times - Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau biasa disapa Yenny Wahid sudah mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan Joko “Jokowi” Widodo dan Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019. Ada 4 alasannya menyatakan sikap politik tersebut.

Deklarasi tersebut dibacakan di hadapan 9 kelompok pendukung Gus Dur yang diberi nama “Konsorsium Kader Gus Dur” yang terdiri dari para kiai dan ulama se -ndonesia pada Rabu (26/9).

Lantas, apa ya alasan seorang Yenny mendukung petahana?

1. Jokowi memiliki karakter seperti Gus Dur dan Mahatma Gandhi?

Ternyata Ini yang Membuat Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma’rufANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam deklarasi yang dibacakan putri Gus Dur tersebut memang tidak secara gamblang dijelaskan alasan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf, namun Yenny mengatakan bahwa sosok ayahnya lah yang selalu menginspirasi dirinya.

“Bapak banyak terlihami oleh figur-figur yang dikaguminya, seperti Mahatma Gandhi yang membela rakyat dengan cara memberdayakan dan tanpa kekerasan,” ujar Yenny saat memcakan deklarasi dukungan di Rumah Pergerakan Gus Dur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Keluarga Gus Dur Sudah Akrab dengan Saya

2. Indonesia butuhkan pemimpin yang mau bekerja untuk rakyatnya

Ternyata Ini yang Membuat Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma’rufANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sosok seperti Gus Dur dan Gandhi itulah dikatakan Yenny merupakan sosok pemimpin yang saat ini Indonesia butuhkan.

“Negara ini adalah negara besar, penuh dengan kekayaan alam yang berlimpah. Negara ini adalah negara kaya, penuh dengan anak-anak bangsa yang punya talenta, mereka yang meyakini nilai kebajikan serta punya keinginan untuk mengabdi. Namun semangat mereka sering berbalas kegetiran dan kekecewaan, melihat proses politik yang sering mengkhianati cita-cita negeri,” ujarnya.

Baca Juga: Menulis NKRI, Ini Makna Lukisan Jokowi yang Dipamerkan Yenny Wahid

3. Pemimpin yang menjaga persatuan dan kesatuan

Ternyata Ini yang Membuat Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma’rufIDN Times/Fitang Budhi Adhitya

Dia menambahkan, untuk menjadikan bangsa ini makmur dan sejahtera, diperlukan sosok pemimpin yang mau bekerja keras dan memperhatikan nasib rakyatnya.

“Bangsa ini sedang susah, karena itu pemimpin yang kami cari adalah orang yang mau ikut gerah. Pemimpin yang kami rindu adalah pemimpin yang mendengar nurani rakyat. Pemimpin yang tidak berjarak dengan masyarakat. Pemimpin yang tidak canggung memeluk warga dan bersama mereka berbaur dan berbagi aroma keringat,” tambah Yenny.

 

4. Indonesia butuh pemimpin yang tidak memandang sebelah mata kaum minoritas

Ternyata Ini yang Membuat Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma’rufPinterest

Lagi-lagi Ketua Wahid Institute ini menggambarkan sosok ayahnya untuk mencontohkan seorang pemimpin yang baik, ia mengatakan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak memandang sebelah mata kaum minoritas karena Indonesia merupakan negara yang dikenal karena keberagamannya.

“Ayah saya menghadirkan keadilan sosial dengan cara memenuhi basic rights atau hak-hak dasar  bagi segenap bangsa Indonesia, tanpa membeda-bedakan agama, keyakinan, warna kulit, ras, gender, maupun status sosial dari rakyat yang dipimpinnya," jelasnya.

Hal itupun menjadi patokannya dalam memilih pemimpin di Pilpres 2019. “Pemimpin yang kami pilih menghadirkan keadilan sosial dengan memenuhi basic needs atau kebutuhan dasar bagi mereka yang selama ini tak tersapa. Menghadirkan layanan pendidikan, kesehatan maupun akses konektivitas bagi mereka yang dulunya tak terjamah,” sambungnya.

Ikuti terus berita-berita seputar Pemilu 2019 di Millennials Memilih IDN Times. #MillennialsMemilih.

Baca Juga: BREAKING: Dukung Jokowi-Ma'ruf, Ini 3 Hal tentang Yenny Wahid

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya