Tinjau Produksi Vaksin COVID-19, Jokowi: Masker Jadi Kunci

Jokowi meminta TNI-Polri awasi penggunaan masker masyarakat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi’ Widodo menginstruksikan TNI-Polri melakukan pengawasan ketat penggunaan masker di masyarakat. Penggunaan masker dinilai penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sampai hari ini tren penyebaran virus corona masin masih berlangsung tren di sejumlah daerah di Indonesia.

1. Jokowi minta TNI-Polri lakukan pengawasan ketat terkait penggunaan masker

Tinjau Produksi Vaksin COVID-19, Jokowi: Masker Jadi KunciDok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat untuk meninjau fasilitas produksi vaksin COVID-19.

“Saya harapkan dari Pangdam beserta seluruh jajaran, Polda beserta seluruh jajarannya juga membackup terutama dalam kedisiplinan protokol kesehatan, utamanya lagi penggunaan masker. Di samping tentu saja berkaitan dengan jaga jarak, cuci tangan, tidak dalam kerumunan jumlah banyak. Tapi masker jadi kunci,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/10/2020).

2. Jokowi masih melihat ada warga tidak menggunakan masker

Tinjau Produksi Vaksin COVID-19, Jokowi: Masker Jadi KunciSatpol PP Sleman saat melakukan operasi masker di kawasan Kaliurang. Dok: Satpol PP Sleman

Jokowi mangatakan masyarakat harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Peran TNI-Polri sangat penting untuk mengawasi masyarakat dalam menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

“Survei yang kita lakukan, saya gak menyebut nama provinsi, ada 70 persen (masyarakat) belum pakai masker, ini satu provinsi di Jawa. Sebuah angka yang besar. Kita harapkan dalam 2 minggu ini dibantu TNI-Polri, Gugus Tugas Daerah betul-betul urusan masker ini kita kerjakan secara all out dan masif,” tuturnya.

3. Jokowi minta pemerintah daerah untuk aktif berikan sosialisasi terkait penggunaan masker

Tinjau Produksi Vaksin COVID-19, Jokowi: Masker Jadi KunciPresiden Jokowi akan Tinjau Fasilitas Produksi dan Pelaksanaan Uji Klinis Vaksin COVID-19 di Jawa Barat pada Selasa (11/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Oleh sebab itu meminta kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota untuk terus melakukan sosialisasi terkait penggunaan masker ke masyarakat.

“Jadi tolong permintaan untuk masker disampaikan kepada ketua komite, ketua satgas sehingga benar-benar urusan yang berkaitan dengan masker ini bisa kita selesaikan. Karena ini bisa menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan covid,” tuturnya.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya