Tip Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah Selama Pandemik COVID-19

Komunikasi antara orang tua dan anak sangat penting

Jakarta, IDN Times - Rasa bosan selama masa pandemik COVID-19 akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak hanya dialami orang dewasa. Anak-anak juga mengalami hal serupa, karena harus melaksanakan aktivitas belajar di rumah saja.

Dalam hal ini, peran aktif orang tua sangat dibutuhkan untuk membimbing anak mereka agar tetap mau belajar meskipun tidak di sekolah.

Baca Juga: Belajar dari Rumah, Guru SD Ini Siasati Bikin Kelas Lewat TikTok

1. Komunikasi dengan anak terkait sistem pembelajaran

Tip Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah Selama Pandemik COVID-19Ilustrasi belajar dari rumah (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Agar anak tidak bosan belajar di rumah, psikolog pendidikan dan konselor sekolah, Arlita, memberikan beberapa tip yang bisa dilakukan orang tua. Pertama, orang tua harus berkomunikasi dengan anak terkait sistem pembelajaran.

“Kita bisa tanyakan perasaannya gimana selama belajar di rumah, sehingga anak bisa komunikasi kan rasa bosannya ke orang tua, dan orang tua bisa diskusikan kepada anak maunya gimana supaya lebih menyenangkan dan tidak membosankan,” kata Arlita saat dihubungi IDN Times, Selasa (5/5).

2. Buat tempat belajar anak senyaman mungkin

Tip Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah Selama Pandemik COVID-19Ilustrasi (IDN Times/Yogi pasha)

Kedua, buat tempat belajar anak menjadi nyaman dan menyenangkan. Misalnya hanya sekadar berpindah tempat saja membuat rasa bosan anak hilang atau bahkan memodifikasi waktu belajar anak dari jam biasanya.

“Zaman sekarang modifikasi kegiatan belajar sudah banyak banget pilihannya, misal banyak situs-situs online yang menawarkan kegiatan edukatif yang bisa dilakukan anak,” ujarnya.

3. Orang tua bisa melibatkan anak dalam kegiatan di rumah untuk mempelajari nilai-nilai dan keterampilan praktis

Tip Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah Selama Pandemik COVID-19Siswi belajar di rumah (Dok.Ranoto Foundation)

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran ini menjelaskan, selama di rumah adalah kesempatan baik bagi anak untuk bisa mengembangkan keterampilan praktis mereka. Jadi, peran orang tua selama anak belajar di rumah sangat dibutuhkan.

“Misal pelajaran menghitung, apa sih kegiatan di rumah yang bisa melibatkan pelajaran menghitung. Anak bisa dilibatkan kegiatan rumah tangga, sambil dilibatkan nilai-nilai dan keterampilan praktis di rumah,” tuturnya.

4. Mengatur keseimbangan hidup anak menjadi kunci sukses belajar selama di rumah

Tip Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah Selama Pandemik COVID-19(Ilustrasi siswa saat belajar di rumah) ANTARA FOTO/Arnas Padda

Lebih jauh Arlita menambahkan, dari seluruh metode tersebut, hal paling penting yang harus diketahui oleh orang tua adalah mengatur keseimbangan hidup anak. Hal ini untuk mencegah agar anak tidak bosan menjalankan aktivitas belajar selama di rumah saja.

“Kapan untuk main, kapan untuk belajar, kapan bersama untuk keluarga. Jadi hidup balance gak cuma ngerjain tugas aja, sehingga anak tidak bosan karena banyak variasi lainnya selain belajar,” ujarnya.

Baca Juga: Konsep Membebaskan, Cara Homeschooler Dampingi Anak Belajar di Rumah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya