TNI Bentuk Tim Investigasi Terkait Perusakan Polsek Ciracas

Agar masalah yang terjadi bisa diselesaikan dengan benar

Jakarta, IDN Times - TNI akhirnya membentuk tim investigasi di institusinya untuk mencari tahu akar dari permasalahan yang terjadi beberapa hari belakangan ini. Hal itu dilakukan guna mendalami adanya dugaan keterlibatan anggotanya dalam perusakan dan pembakaran Polsek Ciracas, Jakarta Timur dan rumah orangtua tersangka pengeroyokan, Iwan Hutapea (33).

1. TNI cari tahu pelaku perusakan Polsek Ciracas dan rumah orangtua tersangka

TNI Bentuk Tim Investigasi Terkait Perusakan Polsek CiracasIDN Times/Amelinda Zaneta

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya Jayakarta, Kolonel Inf. Kristomei Sianturi, mengatakan bahwa insiden pemukulan kepada dua anggota TNI dan perusakan Polsek Ciracas merupakan dua permasalahan yang berbeda.

“Kita gak bisa menduga-duga ini terkait, jadi saat ini kita fokus dulu mencari pelakunya kemudian kita dalami apakah memang termotivasti atas ketidakpuasan dalam pengeroyokan anggota TNI tadi,” ujar Kristomei di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (14/12).

Baca Juga: Polsek Ciracas Dibakar, Anies Segera Panggil UPT Parkir Secara Khusus

2. Tim investigasi yang dibentuk melibatkan tiga matra

TNI Bentuk Tim Investigasi Terkait Perusakan Polsek CiracasIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ia menjelaskan, tim investigasi yang dibentuk tersebut melibatkan tiga matra TNI yakni Angkatan Laut, Darat, serta Udara.

"Kita cari benang merahnya, makanya tim investigasi bekerja sama dengan Pom Jaya Pom AU dan AL. Itu kita bentuk tim investigasi dari hari H sampai sekarang bekerja," terangnya.

3. TNI juga lakukan pemeriksaan kepada anggotanya secara internal

TNI Bentuk Tim Investigasi Terkait Perusakan Polsek CiracasIDN Times/Amelinda Zaneta

Tidak sampai di situ, TNI juga telah melakukan pemeriksaan secara internal berdasarkan hasil video perusakan yang telah banyak beredar dan menjadi viral di media sosial.

“Gambar video yang ada itu kan kita berikan kepada seluruh komandan satuan yang ada di jajaran Jayakarta untuk mengecek ada enggak dari gambar tadi itu anggotanya. Dari situ kan baru ketahuan itu anggota TNI satuan apa,” tuturnya.

4. TNI tidak ingin ada korban salah tangkap dalam masalah ini

TNI Bentuk Tim Investigasi Terkait Perusakan Polsek CiracasIDN Times/Amelinda Zaneta

Lebih lanjut, perwira menengah TNI Angkatan Darat berpangkat melati tiga ini menambahkan, pihaknya tidak ingin menduga-duga bahwa anggotanya terlibat dalam perusakan itu lantaran adanya video yang beredar dan menunjukan beberapa orang yang memiliki postur tubuh tegap dan berambut cepak.

“Jadi dalam situasi gelap malam gambarnya pun tidak jelas, jangan sampai kita salah tangkap, ini pelan-pelan kita selidiki. Tetapi yakin dan percayalah pasti kita akan bergerak cepat, secepat mungkin kita akan bergerak,” pungkasnya.

5. Berawal dari adu mulut antara juru parkir dengan anggota TNI

TNI Bentuk Tim Investigasi Terkait Perusakan Polsek CiracasANTARA FOTO/Istimewa

Serangkaian kasus perusakan mulai dari Polsek Ciracas hingga rumah orangtua tersangka sendiri terjadi diduga akibat insiden pengeroyokan dua orang anggota TNI oleh para juru parkir yang terjadi di kawasan pertokoan Arundia, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (11/12) lalu.

Sekelompok massa ramai-ramai mendatangi Polsek Ciracas pada Rabu (12/12) tengah malam sekitar pukul 00.30 WIB dan melakukan aksi brutal dengan merusak hingga membakar bangun polsek tersebut. Sedangkan aksi perusakan rumah orangtua tersangka Iwan Hutapea sendiri terjadi pada satu hari setelah itu atau lebih tepatnya Kamis (13/12).

Baca Juga: Rumah Orang Tua Tersangka Rusak, Kapendam Bertindak Jika TNI Terlibat

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya