Tol Terbanggi Besar-Palembang Beroperasi Fungsional Mulai 29 Mei

Tol beroperasi mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni, Lampung sampai Palembang, Sumatera Selatan sudah bisa dilalui pemudik pada tahun ini. Dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar, tol sudah diresmikan dan dioperasikan.

Sementara dari Terbanggi Besar hingga Palembang akan dibuka fungsional mulai 29 Mei 2019. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan, Sabtu (11/5).

Baca Juga: Pembangunan Tol di Jabar akan Dihentikan Selama Arus Mudik Lebaran 

1. Tol fungsional berlaku mulai 29 Mei-10 Juni 2019

Tol Terbanggi Besar-Palembang Beroperasi Fungsional Mulai 29 MeiIstimewa

Menhub mengatakan, karena rambu-rambu penerangan jalan dan keberadaan rest area belum maksimal, maka fungsionaliasi tol Terbanggi Besar-Palembang akan dilakukan pada siang hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Tol fungsional ini akan diberlakukan mulai 29 Mei-10 Juni 2019 selama 13 hari.

“Jalan tol Ini fungsional karena rambu-rambu belum maksimal. Oleh karena itu, kita gunakan pada siang hari,” kata Budi Karya melalui keterangan tertulisnya, Sabtu.

2. Menhub minta para stakeholder membangun rest area sementara

Tol Terbanggi Besar-Palembang Beroperasi Fungsional Mulai 29 MeiIstimewa

Menhub menggarisbawahi bahwa keberadaan rest area untuk mengisi bensin, makan dan minum sangat penting bagi pemudik, karena itu pihaknya akan mengkoordinasikannya dengan stakeholder terkait.

“Yang penting adalah kesiapan bensin, toilet, tempat makan dan minum. Kita akan koordinasi lagi untuk mengajak stakeholder melengkapi itu. Jalan ini sejajar dengan jalan nasional, jadi ini bisa kita kolaborasikan fungsi-fungsi ini terutama fungsi-fungsi seperti bensin, makan dan sebagainya, mungkin ada informasi yang akan kita berikan melalui petugas-petugas yang ada di lapangan,” ujarnya.

3. Ada 3 rest area yang telah disiapkan sepanjang jalan tol fungsional

Tol Terbanggi Besar-Palembang Beroperasi Fungsional Mulai 29 MeiIstimewa

Pada jalan tol fungsional Terbanggi Tinggi-Palembang sejauh 200 Kilometer ini, telah disiapkan rest area sementara di tiga titik sepanjang jalan tol tersebut.

Menhub mengatakan, yang perlu diperhatikan dengan dioperasikannya jalan tol secara fungsional dari Terbanggi Besar menuju Palembang ini, yaitu mulai dari Pematang Panggang ke Kayu Agung yang hanya bisa dilalui untuk satu arah.

4. Jika tol fungsional padat, akan dialihkan ke jalan lintas Sumatera

Tol Terbanggi Besar-Palembang Beroperasi Fungsional Mulai 29 MeiIstimewa

Menhub menyatakan, sudah memikirkan antisipasi apabila terjadi kepadatan dalam ruas tol yaitu dengan mengalihkan kendaraan ke jalan nasional, yaitu jalan lintas Sumatera.

"Jalan tol ini kan berhimpitan dengan jalan existing, jadi kalau nanti tolnya padat akan dialihkan ke existing," terangnya.

Terkait aspek keselamatan, Menhub mengungkapkan bahwa dengan kondisi jalan tol yang masih fungsional, akan diberlakukan pembatasan kecepatan hanya maksimal 40 km/jam.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Mengecek Langsung Jalan Tol Palembang-Lampung

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya