Turunkan Kemiskinan di Jakarta 1 Persen, Ini 5 Target Kerja Dinsos DKI 2018

Dinas Sosial DKI juga memberikan penghargaan pada pegawainya

Jakarta, IDN Times - Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta menargetkan capaian program 2018 bisa melampaui target program tahun lalu. 

Untuk itu, pejabat yang bertanggung jawab terhadap program melakukan penandatangan pakta integritas, dalam rangka perjanjian kinerja (Perkin), Penetapan Kinerja (Tapkin) dan penetapan Key Performance Indicator (KPI).

1. Kinerja Dinas Sosial DKI terus ditingkatkan

Turunkan Kemiskinan di Jakarta 1 Persen, Ini 5 Target Kerja Dinsos DKI 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan mengatakan dengan penandatanganan itu, pejabat bertanggung jawab dengan menyetujui program-program yang akan mereka lakukan tahun ini 

"Tahun 2017 target-target terpenuhi dengan baik. Tahun 2018 ini semoga kita bisa mengulangi sukses itu. Harapannya bisa meningkat. Ada target-target baru yang harus kita capai pada tahun ini," ujar Masrokhan saat memimpin apel pegawai di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Senin (5/3).

2. Dinas Sosial terus tingkatkan pelayanan di masyarakat

Turunkan Kemiskinan di Jakarta 1 Persen, Ini 5 Target Kerja Dinsos DKI 2018ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Masrokhan menyebutkan, pada tahun lalu penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan sudah tercapai, dengan melakukan pengawasan di

276 titik rawan. Bahkan, terjadi penurunan jumlah PMKS jalanan hingga 40 persen.

Selain itu, pada tingkat bawah, respons pelayanan dan penanganan sosial terhadap warga yang dilakukan Satuan Pelaksana Sosial di setiap kecamatan semakin baik. Itu diwujudkan dengan adanya koordinasi dengan aparat kecamatan hingga kelurahan, dalam meningkatkan pelayanan dan penanganan masalah sosial.

"Di 2017 lalu kita juga telah mengantarkan 573 orang lebih binaan panti untuk bisa kembali kepada keluarga, hingga pada tahapan kemandirian. Di antara mereka ada yang sudah mampu bekerja, mandiri sampai hasilkan sesuatu. Pelan-pelan sebagian dari mereka dapat kita kembalikan ke kehidupan yang normatif," ungkap Masrokhan.

Baca juga: Pakai Jersey Manchester City, Bocah ini Ditemukan Terlantar di Halte TransJakarta Cililitan

3. Fokus utama turunkan angka kemiskinan

Turunkan Kemiskinan di Jakarta 1 Persen, Ini 5 Target Kerja Dinsos DKI 2018data.go.id

Sementara di 2018 ini, kata Masrokhan, jangkauan program Dinas Sosial akan lebih banyak lagi. Seperti target Pemerintah DKI untuk penurunan jumlah angka kemiskinan sebesar 1 persen

"Ini jadi momentum kita untuk bekerja keras mewujudkan target-target itu," kata Masrokhan.

4. Penghargaan diberikan untuk motivasi pegawai Dinsos

Turunkan Kemiskinan di Jakarta 1 Persen, Ini 5 Target Kerja Dinsos DKI 2018IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Di samping itu, ujar Masrokhan, pihaknya juga senantiasa memberikan apresiasi terhadap pegawai berprestasi dalam penanganan permasalahan sosial. Penghargaan itu diberikan setiap bulan terhadap mereka yang berkinerja baik.

"Petugas lapangan ini merupakan pegawai yang berhadapan langsung dengan warga dan melayani mereka langsung. Sudah sepatutnya diapresiasi," kata dia.

Masrokhan juga menyampaikan penghargaan itu sebagai upaya membangun kepercayaan publik. Pegawai yang mendapatkan penghargaan itu antara lain diberikan kepada Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Sumadi.

Ia merupakan pegawai terbaik selama Februari untuk kategori Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan, karena merespons cepat ketika ada permasalahan sosial di daerahnya.

5. Pelayanan bisa dilakukan melalui media sosial

Turunkan Kemiskinan di Jakarta 1 Persen, Ini 5 Target Kerja Dinsos DKI 2018hercampus.com

Selain itu, untuk kategori petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) yang berprestasi diberikan kepada Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan.

Petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan mampu merespons dengan cepat laporan warga melalui media sosial, dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di lapangan.

Sementara itu, untuk kategori panti sosial yang berprestasi dalam penyeberluasan informasi kegiatan panti diterima oleh Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 Margaguna Jakarta Selatan.

Masrokhan mengemukakan, penilaian penghargaan itu diberikan berdasarkan instrumen yang dimilikinya. Ia ingin agar pegawai yang lain dapat termotivasi untuk berprestasi seperti mereka yang mendapat penghargaan ini.

Baca juga: Kisah Pilu Buruh Bangunan, Ditipu Mandor Hingga Terserang Stroke

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya