[UPDATE] Bertambah Lagi, 17.616 Orang Daftar Jadi Relawan COVID-19

Saat ini jumlah relawan COVID-19 telah mencapai 30.000 orang

Jakarta, IDN Times - Ketua Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Andre Rahadian menyebutkan jumlah relawan yang mendaftar hingga Senin (6/4) pukul 17.00 WIB mencapai 17.616 orang.

Pendaftar terbanyak berasal dari DKI Jakarta dan Jawa Barat. Mereka akan menjadi relawan untuk tenaga medis dan non medis bagi pasien COVID-19.

"Dari jumlah itu, 3.326 merupakan relawan medis, sementara 14.290 lainnya merupakan relawan non-medis," kata Andre saat sesi jumpa pers di Graha BNPB, Selasa (7/4).

Selain DKI Jakarta dan Jawa Barat, para relawan juga ada yang berasal dari Sumatera dan Sulawesi, serta daerah lain di Indonesia. Kendati demikian, ia tidak menyebutkan jumlah detail para relawan dari masing-masing provinsi.

1. Relawan ditempatkan di sejumlah rumah sakit yang menangani COVID-19

[UPDATE] Bertambah Lagi, 17.616 Orang Daftar Jadi Relawan COVID-19(Dok. BUMN)

Andre menerangkan relawan medis telah ditempatkan di sejumlah fasilitas kesehatan prioritas, salah satunya Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Wisma Atlet, Jakarta.

"Prioritas relawan medis ditempatkan di RS Wisma Atlet, Rumah sakit Bintaro, Rumah Sakit khusus COVID-19 di Pulau Galang, dan Rumah Sakit lapangan di Jakarta," ujarnya.

Baca Juga: 5.816 Orang Daftar Jadi Relawan COVID-19, Terbanyak Asal DKI Jakarta

2. Relawan COVID-19 sampai hari ini telah berjumlah 30.000 orang

[UPDATE] Bertambah Lagi, 17.616 Orang Daftar Jadi Relawan COVID-19Suasana RS Darurat COVID-19 di Kemayoran (Youtube/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Koordinator Komunikasi Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19, Joannes Joko, pada kesempatan yang sama menjelaskan, jumlah relawan kemungkinan mencapai kurang lebih 30.000 orang.

"Dari Kemetenrian Pendidikan ada sekitar 15.000, belum lagi ada dari BUMN jumlahnya kurang lebih ada 30.000," ujar Joko.

3. Seluruh masyarakat bisa berpastisipasi menjadi relawan COVID-19

[UPDATE] Bertambah Lagi, 17.616 Orang Daftar Jadi Relawan COVID-19Petugas Medis yang berada di RS Darurat COVID-19 (Youtube/Sekretariat Presiden)

Oleh karena itu, pihak Gugus Tugas saat ini akan menyatukan seluruh data relawan sehingga informasinya jadi terpusat pada satu pintu. Penyatuan data relawan, menurut Joko penting dilakukan agar penyaluran sumber daya dapat efektif dan tepat sasaran..

Walaupun demikian, ia berpendapat seluruh masyarakat dapat berperan sebagai relawan membantu kelompok rentan dan yang membutuhkan pertolongan selama pandemi di lingkungan masing-masing.

"Seluruh masyarakat Indonesia dapat menjadi relawan, yang sehat, yang punya kemampuan medis, agar menangani yang sakit. Ini saatnya kita semua menunjukkan peradaban bangsa kita, punya semangat solidaritas, gotong royong. Itu harus kita tunjukkan bersama-sama," katanya menambahkan.

Sejauh ini, pihak relawan telah membantu pemerintah menyalurkan makanan, minuman, vitamin, dan suplemen lainnya ke para tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan serta pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di DKI Jakarta.

Ia menambahkan masyarakat yang ingin turut serta bergabung sebagai relawan atau membutuhkan bantuan dapat menghubungi Desk Relawan Gugus Tugas melalui surat elektronik center@relawangugascovid19.com atau telepon +628170774419.

Baca Juga: 146 PNS Jakarta Diminta Jadi Relawan COVID-19, Menolak dapat Sanksi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya