Update Gempa Lombok, Total Korban Meninggal 98 Orang

Semua korban merupakan Warga Negara Indonesia.

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus meng-update korban luka dan meninggal dunia akibat gempa yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter tersebut telah mengakibatkan ratusan orang mengalami luka-luka dan puluhan lainnya meninggal dunia.

1. Tambahan 7 korban baru

Update Gempa Lombok, Total Korban Meninggal 98 OrangANTARA FOTO/Zabur Karuru

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melansir hingga pukul 17.45 WIB, jumlah korban meninggal dunia kembali bertambah mencapai 98 orang.

“Perkembangan terkini sampai dengan sore ini terdapat jumlah korban meninggal tambahan 7 orang ditemukan di Kabupaten Lombok Barat sehingga total korban 98 orang meninggal dunia. Dimana 96 di Lombok dan 2 orang di Bali," kata Sutopo kepada awak media di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (6/8).

2. Semuanya warga negara Indonesia

Update Gempa Lombok, Total Korban Meninggal 98 OrangANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Tambahan korban meninggal tersebut dikatakan Sutopo masih merupakan masyarakat sekitar yang memang tidak bisa melarikan diri dari dalam rumahnya saat terjadinya gempa.

“Sebagian besar korban meninggal karena bangunan roboh saat gempa bumi. Proses evakuasi masih dilakukan dan semua korban WNI,” ungkapnya.

Baca Juga: GIIAS 2018: SUV Wuling Baojun 530, Lebih Murah Tapi Tetap Mewah!

3. Evakuasi terhadap masjid yang roboh sudah dilakukan

Update Gempa Lombok, Total Korban Meninggal 98 OrangHumas BNPB

Selain itu ia mengatakan, proses evakuasi terhadap Masjid yang roboh di desa Lading-Lading, KLU, Lombok Utara juga telah dilakukan dengan menurunkan alat berat yang evakuasinya melibatkan Tim SAR gabungan yang dikoordinir Basarnas, TNI, Polri, dan relawan dengan menggunakan anjing pelacak.

“Saat ini masih proses evakuasi korban yang tertimpa masjid roboh. Berapa jumlah korban masih belum diketahui karena proses masih berlangsung,” tuturnya.

Untuk diketahui, jumlah korban meninggal akibat gempa berkekuatan 7 SR ini paling banyak terdapat di daerah Lombok Utara yaitu 72 orang, disusul dengan Lombok Barat 16 orang, Kota Mataram 4 orang, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Bali masing-masing 2 orang.

Baca Juga: Berlibur di Gili Trawangan, 7 Turis Meninggal Akibat Gempa

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya