Wapres: BLT untuk 15,2 Juta Keluarga Miskin Mulai Disalurkan April

Bantuan rencananya akan disalurkan melalui rekening bank

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan segera disalurkan pemerintah kepada 15,2 juta rumah tangga miskin dan rentan pada April mendatang.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk jaring pengaman sosial untuk mereka yang terdampak COVID-19 yaitu masyarakat miskin dan rentan.

“Saya kira bantuan BLT langsung akan diterapkan mulai April. Jadi mulai April untuk yang pertama bisa diterapkan karena memang datanya sudah ada, semua sudah ada,” kata Ma’ruf melalui keterangan resminya, Selasa (24/3).

Sementara itu, bagi para pekerja di sektor informal, pemerintah masih menginventarisasi jenis pekerjaan apa saja yang akan mendapatkan bantuan di tengah pandemi global ini. Bantuan akan diberikan selama tiga bulan ke depan.

“Kita perkirakan kan pertama 3 bulan. kemudian bantuan itu 3 bulanan. Jadi kita harap bulan April ini semua sudah bisa dijalankan sebenarnya,” ujarnya.

Terkait mekanisme penyaluran BLT, wapres mengatakan masih melakukan pendataan. Bantuan kemungkinan bisa disalurkan melalui rekening bank penerima bantuan agar menghindari kerumunan massa yang berpotensi terjadinya penularan virus corona.

“Tentu mekanismenya kalo sudah bisa diketahui datanya yang sudah ada rekening, BLT itu bisa lewat banknya. Tapi belum diputuskan mana mekanisme yang paling efektif untuk diputuskan,” tuturnya.

Baca Juga: Guru Besar UGM Meninggal, Keluarga dan Kerabat Negatif Virus Corona

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya