Comscore Tracker

Wapres: Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Sama seperti di Wuhan

Empat WNI yang positif virus corona dirawat di Jepang

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan mekanisme evakuasi seluruh warga negara Indonesia di kapal Diamond Princess akan sama seperti penjemputan WNI di Wuhan, Tiongkok, beberapa waktu lalu.

Saat ini, 74 WNI masih berada di dalam kapal itu. Seluruhnya dinyatakan negatif dari virus corona setelah menjalani masa karantina. Sedangkan empat WNI yang dinyatakan positif virus corona dan dirawat di rumah sakit di Jepang, tidak akan dibawa pulang ke Indonesia.

“Kalau yang sifatnya itu belum terpapar, belum positif, tentu mekanisme (evakuasi) seperti yang lalu, yang Wuhan. Tapi kalau yang sudah positif nah kan tidak boleh keluar dari sana,” ujar Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (21/2).

1. Empat WNI yang positif virus corona tidak dibawa pulang tapi tetap dipantau

Wapres: Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Sama seperti di WuhanSejumlah penumpang melihar keluar dari balkon kapal pesiar Diamond Princess di Terminal Kapal Dermaga Daikoku di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pada 19 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-hoon

Kendati demikian, lanjut wapres, Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah meminta kepada pihak KBRI untuk terus memantau dan mengawasi kondisi empat WNI tersebut hingga pulih kembali.

“Karena sesuai protokol WHO, aturan WHO seperti yang sudah terpapar tidak boleh keluar (Dievakuasi),” tuturnya.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan 2 Opsi Penjemputan 74 WNI di Kapal Diamond Princess

2. 74 WNI belum tentu akan dikarantina setibanya di Indonesia nanti

Wapres: Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Sama seperti di WuhanPresiden RI Joko Widodo (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Pemerintah masih belum menentukan apakah 74 WNI itu akan dikarantina setelah dievakuasi dan tiba di Tanah Air nanti, mengingat hal itu telah dilakukan selama kapal tersebut bersandar di Jepang.

“Nah ini presiden belum menentukan, presiden akan menentukan gimana cara yang akan diambil,” ujarnya.

3. Pemerintah akan kerahkan KRI Soeharso 990 untuk jemput WNI di kapal Diamond Princess

Wapres: Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Sama seperti di WuhanMenteri Kesehatan Terawan di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 11 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Soeharso 990 mampu memulangkan Warga Negara Indonesia yang merupakan kru Kapal Pesiar Diamond Princess di Jepang sekaligus merawatnya apabila mengalami sakit.

"Ini kapal rumah sakit yang punya kemampuan melakukan perawatan dan sebagainya. Karena ini kan kapal yang dirancang untuk mengatasi penyakit apapun," kata Terawan saat meninjau KRI Soeharso di Dermaga Komando Armada II Surabaya, Kamis (21/2) malam, seperti dikutip dari Antara.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Menkes Terawan: 74 WNI di Kapal Diamond Princess Dalam Kondisi Baik 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya