Wapres Ma’ruf Ajak Perhumas Bantu Sukseskan Vaksinasi COVID-19

Humas sebagai ujung tombak pemerintah selama pandemik

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan peran hubungan masyarakat (humas) sangat penting selama era pandemik COVID-19. Karena itu, Wapres meminta Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) turut menyukseskan program vaksinasi virus corona yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat.

“Untuk meningkatkan kepercayaan dan optimisme masyarakat dalam pemulihan kesehatan dan kebangkitan ekonomi. Mari kita dukung upaya menyukseskan program vaksinasi nasional,” kata Ma’ruf saat membuka acara Konvensi Nasional Perhumas yang digelar secara daring, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Harus Tunggu Uji Klinis Tahap III dan Izin BPOM

1. Ma’ruf sebut insan humas sebagai ujung tombak pemerintah selama pandemik

Wapres Ma’ruf Ajak Perhumas Bantu Sukseskan Vaksinasi COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ma’ruf menjelaskan humas sebagai ujung tombak informasi pemerintah harus lebih adaptif, inovatif, dan kolaboratif dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin dinamis.

Untuk itu, lanjut Wapres, dalam mewujudkan profesi humas yang adaptif, diperlukan langkah-langkah inovatif melalui pemanfaatan teknologi digital, hingga tercipta metode baru yang dapat mendorong kinerja dan fungsi kehumasan menjadi lebih baik.

"Sekarang ini dengan adanya pengembangan teknologi digital seperti kecerdasan artifisial, serta alat-alat analisis digital lainnya, para profesional humas dimungkinkan untuk melakukan pemantauan yang lebih awal untuk memitigasi krisis kehumasan yang akan datang,” tutur Ma'ruf.

2. Perhumas diimbau membuka ruang kolaborasi dengan organisasi lintas sektor

Wapres Ma’ruf Ajak Perhumas Bantu Sukseskan Vaksinasi COVID-19ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Jika semua humas mampu memanfaatkan teknologi digital, Ma’ruf yakin akan tercipta ruang kreasi baru bagi humas, agar mendorong peningkatan reputasi dan citra positif untuk institusi swasta maupun pemerintahan.

"Apabila selama ini rekan-rekan Perhumas lebih berfokus membangun komunikasi dengan organisasi serumpun, maka ke depan diharapkan dapat membuka ruang kolaborasi dengan organisasi lintas sektor guna menjawab perubahan dan tantangan yang ada,” ujar dia.

3. Humas harus mampu merespons isu-isu sosial dengan baik di masyarakat

Wapres Ma’ruf Ajak Perhumas Bantu Sukseskan Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Menulis (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Lebih jauh, mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini meminta insan humas harus mampu merespons isu-isu sosial dengan baik. Tujuannya agar membawa citra Indonesia lebih baik di masyarakat.

"Untuk itu, saya berpesan agar Perhumas dapat terus mengokohkan komitmen untuk dapat meningkatkan kemampuan insan humas Indonesia, memperdalam pengetahuan masyarakat terkait kehumasan, serta menguatkan komunikasi dan kolaborasi antar anggota maupun masyarakat luas,” imbau Ma'ruf.

Baca Juga: Sri Mulyani Siapkan Rp55,5 Triliun untuk Program Vaksinasi COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya