Comscore Tracker

Wiranto Bantah Minta Bantuan Amerika untuk Selesaikan Masalah Papua

Pemerintah masih sanggup selesaikan masalah ini sendiri

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan bahwa pemerintah tidak pernah meminta bantuan kepada negara mana pun, termasuk Amerika Serikat untuk menyelesaikan masalah yang tengah terjadi di Papua dan Papua Barat.

Meskipun Indonesia menganut politik bebas aktif, kata Wiranto, tidak mungkin ada campur tangan negara lain dalam menyelesaikan masalah tersebut.

“Gak ada minta tolong, minta tolong itu, ini kondisi negeri kita sendiri. Antar negara, saling menghormati teritorial negara lain. Tidak mungkin suatu negara itu ikut campur urusan negara lain,” kata Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Ia kembali menegaskan bahwa pemerintah masih sanggup untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di bumi cendrawasih tersebut.

“Ini kan urusan kita, urusan rumah tangga kita, Papua Barat itu bagian sah dari timurnya Indonesia seperti yang lain,” tegasnya.

“Misal terjadi (kerusuhan) di Madura, masa saya minta tolong Perancis. Terjadi kerusuhan di Banten, minta Arab Saudi minta tolong. Gak bisa, selesaikan sendiri. Ada permasalahan kita selesaikan sendiri. Jadi (minta tolong Amerika Serikat) itu gak benar,” imbuhnya.

Baca Juga: Cabut Blokir Internet di Papua, Wiranto Koordinasi dengan BIN

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya