Ziarah ke Leluhur, Ma’ruf Amin Ternyata Keturunan Pendiri Tangerang

Wapres merupakan keturunan Ke-12 pendiri Kota Tangerang

Jakarta, IDN Times - Di tengah-tengah kesibukannya sebagai pejabat negara, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyempatkan diri untuk melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan yang terletak di daerah Tangerang Selatan.

Tidak sendiri, wapres melakukan ziarah didampingi istrinya Wury Estu Andayani dan anak perempuan Ma’ruf Amin Siti Nur Azizah yang juga sebagai kandidat bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan.

1. Ma’ruf Amin ziarah ke makam Aria Wangsakara, pendiri Kota Tangerang

Ziarah ke Leluhur, Ma’ruf Amin Ternyata Keturunan Pendiri TangerangWakil Presiden RI Ma’ruf Amin Ziarah ke Makam Leluhur di Tangerang Selatan (Dok. Setwapres)

Jubir Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, Ma’ruf Amin melakukan tabur bunga di makam Aria Wangsakara yang merupakan pendiri Kota Tangerang.

Ma'ruf pun sempat berbincang santai dengan penjaga makam dan para tokoh masyarakat, di antaranya adalah KH. Ahmad Ghozali, pimpinan Pondok Pesantren Assa’adah, Setu, Tangerang Selatan yang sekaligus memimpin ritual ziarah.

“Penjaga makam bercerita bahwa Wangsakara adalah pejuang yang melawan Penjajah Belanda. Kemudian, Wangsakara menjadi Bupati pertama di Tangerang,” kata Masduki melalui keterangan tertulisnya, Jumat (7/8/2020).

Baca Juga: Ma’ruf Amin Beri Izin Kuliah Tatap Muka, Tapi Ada 3 Syaratnya Ya!

2. Ternyata Ma’ruf Amin merupakan keturunan Ke-12 pendiri Kota Tangerang

Ziarah ke Leluhur, Ma’ruf Amin Ternyata Keturunan Pendiri TangerangWakil Presiden RI Maruf Amin ziarah ke makam leluhur di Tangerang Selatan (Dok.Setwapres)

Setelah diusut lewat silsilah keturunan, kata Masduki, Ma’ruf Amin ternyata merupakan turunan Ke-12 dari Pangeran Aria Wangsakara tersebut.

Silsilah itu, antara lain, melewati tokoh bernama Wira Negara yang lebih dikenal sebutan sebagai Syekh Ciliwulung. Jika dirunut ke atas, silsilah wapres bertemu dengan nasab Raja Sumedang Larang atau Kesanulun.

3. Ma’ruf Amin sudah lama berniat melakukan ziarah ke makam Aria Wangsakara

Ziarah ke Leluhur, Ma’ruf Amin Ternyata Keturunan Pendiri TangerangWakil Presiden RI Ma’ruf Amin Ziarah ke Makam Leluhur di Tangerang Selatan (Dok. Setwapres)

Sementara itu, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa ia sudah lama berniat ingin ziarah ke makam Aria Wangsakara, pendiri Kota Tangerang itu.

“Baru sekarang bisa melaksanakan karena terbentur banyak kegiatan,” ujar wapres.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Desak Pelaku Ekonomi Syariah Beradaptasi saat COVID-19

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya