Comscore Tracker

Zoom Diretas Bertubi-tubi, Diskusi UU Minerba Projo Tertunda 1 Jam

Penyelanggara sempat kewalahan hadapi serangan hacker

Jakarta, IDN Times - Sebuah diskusi terbuka yang diselenggarakan oleh relawan Pro Jokowi (Projo) secara daring melalui aplikasi Zoom mengalami serangan peretasan, Senin (18/5). Zoombombing yang dilakukan para hacker (peretas) itu terjadi berulang-ulang.

Diskusi yang mengangkat tema Revisi UU No 4 tahun 2009 mengenai pertambangan mineral dan batu bara (minerba) itu, terpaksa harus tertunda hingga hampir satu jam karena aksi para peretas tersebut.

1. Pihak penyelenggara sempat kewalahan menghadapi serangan para hacker

Zoom Diretas Bertubi-tubi, Diskusi UU Minerba Projo Tertunda 1 JamDiskusi Virtual UU Minerba disusupi oleh peretas (Dok. Istimewa)

Ketua Bidang Energi DPP Projo, Nick Nurrachman, yang juga bertindak sebagai moderator acara, mengatakan pihaknya sempat kewalahan mengatasi serangan para hacker tersebut.

“Akhirnya saya ajak partisipan yang bener-bener (diundang) saya ajak keluar ganti lagi password,” kata Nick saat dihubungi IDN Times, Senin (18/5).

2. Panitia harus mengganti password meeting hingga 2 kali

Zoom Diretas Bertubi-tubi, Diskusi UU Minerba Projo Tertunda 1 Jam(IDN Times/Rochmanudin)

Diskusi tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, mulai dari Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, Staf Khusus Menteri ESDM Irwandy Arif, dan eks Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono.

Nick mengatakan meskipun telah mengganti password meeting hingga dua kali, para hacker tersebut tetap mengetahuinya dan mengacaukan jalannya acara.

“Jadi kucing-kucingan sama hacker, keluar masuk (meeeting),” ujarnya.

3. Acara diskusi tetap berjalan setelah hacker tidak kembali menyusup ke meeting

Zoom Diretas Bertubi-tubi, Diskusi UU Minerba Projo Tertunda 1 JamIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa acara diskusi tersebut tetap terselenggara dengan baik setelah dirinya mengajak para partisipan keluar dan menyebarkan password secara personal.

“Acara lancar dari pukul 14.51 WIB sampe dengan 17.05 WIB. Diskusi tetap berlanjut. Aman, damai, tentram, seru, dan kritis,” tuturnya.

Baca Juga: Meeting Pakai Zoom, Cegah Zoombombing dengan 7 Cara Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya