41 Anggota Diciduk KPK, Gedung DPRD Kota Malang Tanpa Aktivitas

Yang sibuk cuma tukang kebun

Malang, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meringkus 41 anggota DPRD Kota Malang atas kasus dugaan penerimaan suap dari Wali Kota non aktif, Mochammad Anton. Alhasil, anggota DPRD kota Malang kini hanya tersisa 5 orang saja. Karena jumlah anggota dewan yang sangat minim pun, DPRD kini lumpuh. Segala aktifitas seperti rapat pembahasan LKPJ Wali kota Malang yang diagendakan hari ini pun batal.

1. Gedung kantor DPRD lengang

41 Anggota Diciduk KPK, Gedung DPRD Kota Malang Tanpa AktivitasIDN Times/Fitria Madia

Gedung kantor DPRD kota Malang terletak di Jalan Tugu nomor 1 A. Hanya terpisahkan sebuah jalan kecil dengan kantor Pemerintah kota Malang. Ketika IDN Times berkunjung ke kantor DPRD kota Malang, Selasa (4/9), suasana gedung bercat putih berarsitektur Belanda ini nampak lengang. Tak nampak orang yang berlalu lalang di depan gedung. Hanya terlihat seorang tukang kebun yang sedang menyiram tanaman di kebun depan kantor DPRD.

Di parkiran kendaraan kantor DPRD kota Malang pun hanya ada sebuah mobil hitam berplat merah yang terpakir dan dua mobil awak media. Saat IDN Times berkeliling untuk mencari keberadaan kendaraan lain, nihil. "Parkirannya cuma di sini. Tidak ada lagi," celetuk tukang kebun sembari berlalu pergi.

Baca Juga: 41 Anggota Dewan Jadi Tersangka, Pemerintahan Kota Malang Bisa Lumpuh

2. Tak ada aktifitas anggota dewan

41 Anggota Diciduk KPK, Gedung DPRD Kota Malang Tanpa AktivitasIDN Times/Fitria Madia

Gedung kantor DPRD kota Malang ini terdiri dari tiga lantai. Meski pun sepi, namun gerbang kantor masih terbuka lebar. Saat memasuki bangunan ini, terlihat beberapa orang sedang duduk di sekitar kolam dan sibuk dengan telepon genggam dan laptop masing-masing. Saat IDN Times menyapa salah satu rekan, ternyata semuanya merupakan rekan media.

Meja informasi kantor DPRD pun nampak sepi. Petugas penjaga meja informasi juga terlihat asyik bermain dengan telepon genggamnya sembari mengenakan earphone. Terlihat buku tamu untuk hari Senin (3/9) hingga Selasa (4/9) pun masih kosong.

3. Anggota yang tak terseret kasus tetap ke kantor

41 Anggota Diciduk KPK, Gedung DPRD Kota Malang Tanpa AktivitasIDN Times/Fitria Madia

Dari lima orang tersisa, hari ini yang sedang berada di kantor hanya dua orang yaitu Subur Triono dan Abdurochman. Subur yang merupakan anggota komisi A, nampak sedang bersantai dan bersenda gurau dengan staffnya di ruang kerja komisi A. Terlihat juga beberapa wartawan ikut dalam candaan Subur. "Masih belum ada aktifitas. Saya hari ini cuma tanda tangan berkas-berkas saja," ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Anggota DPRD Kota Malang Korupsi Berjamaah, Ini kata Cak Imin

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya