7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran

Rumah aman mudik pun tenang

Surabaya, IDN Times - Libur hari raya Idul Fitri sudah akan tiba. Ini merupakan saat-saat dimana masyarakat Indonesia menjalankan tradisi pulang kampung atau mudik. Untuk kalian yang akan mudik dalam waktu lama dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, yuk ikuti tips-tips rumah aman saat mudik ala Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Eddy Christijanto.

1. Kunci pintu dan jendela

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaranlocksmithdubai.org

Hal paling utama yang harus dipastikan ketika meninggalkan rumah adalah mengunci pintu dan jendela rumah. Jangan lupa lakukan double-check untuk memastikan pintu dan jendela rumah sudah terkunci sempurna.

2. Nyalakan lampu di beberapa bagian rumah

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaranlowes.com

Meskipun sedang tidak ada penghuninya, Eddy menyarankan untuk tetap menyalakan sebagian rumah seperti kamar atau ruang tamu. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kesan rumah sedang berpenghuni. "Jadi kalau ada orang yang mau berbuat jahat akan berpikir ulang soalnya dikira ada orang," jelasnya saat jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Rabu (6/6).

3. Optimalisasi alarm dan cctv

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebarantechtechi.com.au

Jika punya dana lebih, jangan lupa pasang alarm rumah dan kamera cctv di titik-titik strategis rumah seperti halamab, kamar, dan ruang keluarga. Ini akan berguna apabila ada orang asing yang berusaha memasuki rumah.

4. Amankan peralatan rumah

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebarani.ndtvimg.com

Ketika membereskan rumah, jangan lupa untuk mengamankan peralatan rumah. Cabut selang kompor gas dan regulatornya. Matikan pula pompa air atau jaringan PDAM. Pastikan juga perlatan listrik yang tidak terpakai sudah dicabut dari stop kontak seperti kulkas, magic jar, TV, dan kipas. "Selain mencegah kebakaran, juga hemat listrik."

5. Simpan barang berharga dengan baik

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaranweddbook.com

Barang berharga seperti perhiasan, batu permata, dan sertifikat-sertifikat berharga ada baiknya disimpan di rempat uang lebih aman dibandingkan lemari rumah. Eddy menyarankan untuk menitipkan barang berharga tersebut di bank atau rumah penggadaian.

6. Titipkan hewan peliharaan

7 Tips Rumah Aman Mudik LebaranPhoto by Bramserud Photography on Unsplash

Jika memiliki hewan peliharaan, sebaiknya menitipkan hewan kesayangan di tempat penitipan hewan atau orang yang dapat dipercaya agar hewan tetap sehat dan terawat. "Meskipun cuma berencana mudik sebentar, tapi biasanya kalau sudah ketemu sama teman itu jadinya molor. Nanti kasian kucing atau burungnya malah mati kelaparan," ujar Eddy.

7. Laporkan ke petugas keamanan

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaranthedailypedia.com

Sebelum meninggalkan rumah, laporkan kepergian kepada ketua RT/RW serta tetangga terdekat. Berikan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi jika terjadi hal darurat. Apabila terdapat tenaga keamanan, jangan lupa untuk minta bantuan pengontrolan rumah.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya