Berangkatkan 200 ribu Pemudik Gratis, Pemprov Jatim Lampaui Target

Padahal targetnya hanya 80 ribu orang

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Timur hari ini, Selasa (12/6) memberangkatkan ribuan pemudik secara gratis. Berdasarkan keterangan Sekretaris Daerah Jatim Akhmad Sukadi, hingga kini telah ada 208.000 pemudik yang menggunakan jasa mudik gratis oleh pemprov Jatim.

1. Jumlahnya 2,5 kali lipat ekspektasi pusat

Berangkatkan 200 ribu Pemudik Gratis, Pemprov Jatim Lampaui TargetIDN Times/Fitria Madia

Anggota DPR RI komisi V Bambang Haryo menuturkan bahwa program mudik gratis oleh Pemprov Jatim ini merupakan prestasi yang luar biasa. Pasalnya, Kemenhub hanya menargetkan 80.000 penumpang mudik gratis. Tapi ternyata pemprov Jatim bekerja sama dengan banyak pihak dapat memberangkatkan 208.000 pemudik. "Itu adalah 250 persen dari yang diusahakan oleh kemenhub. Itu pun belum tentu okupansinya sehebat Jatim yaitu sekitar 90 persen lebih," ujar Bambang.

2. Masih punya 1 pekerjaan rumah

Berangkatkan 200 ribu Pemudik Gratis, Pemprov Jatim Lampaui TargetIDN Times/Fitria Madia

Namun Bambang menyampaikan bahwa dirinya masih punya satu titipan pesan dari masyarakat untuk pemprov Jatim terkhususnya Dishub Jatim yaitu sosialisasi lebih ke masyarakat terutama perihal angkutan laut. Sebab, berdasarkan data, respons masyarakat saat ini masih 17 persen. "Tapi tadi katanya kalo menjelang berangkat menjadi penuh kapalnya. Jadi saya tetap salut kepada pemprov jatim," ujarnya.

3. Mudik gratis harapan besar pemerintah

Berangkatkan 200 ribu Pemudik Gratis, Pemprov Jatim Lampaui TargetIDN Times/Fitria Madia

Pemprov Jatim memiliki harapan besar pada program mudik gratis ini. Selain untuk menekan angka kecelakaan dan jumlah kendaraan pribadi saat mudik, mudik gratis diharapkan dapat mengembalikan antusiasme masyarakat terhadap angkutan umum. "Supaya masyarakat kembali menggunakan transportasi massal," harap Bambang.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya