BMKG: Broadcast Adanya Gempa pada Minggu Tanggal 26 Hoax

Hanya percaya info resmi dan tetap berpikir positif, ya

Surabaya, IDN Times - Kiriman di media sosial terkait deretan bencana alam yang terjadi pada tanggal 26 dan hari Minggu membuat publik resah. Pasalnya, bencana alam seperti tsunami Aceh yang terjadi pada Minggu, 26 Desember 2004 dan erupsi gunung Merapi pada Minggu, 26 Oktober 2010 dikait-kaitnya dengan bencana gempa bumi di Lombok.

Untuk itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah adanya prediksi gempa bumi hebat di Lombok pada Minggu, (26/8).

1. Belum ada yang tepat memprediksi gempa

BMKG: Broadcast Adanya Gempa pada Minggu Tanggal 26 Hoaxdailystar.co.uk/USGS

Kepala BMKG Agus Riyanto menjelaskan bahwa gempa bumi terjadi terjadi setiap hari di seluruh belahan dunia. Namun tidak semua gempa bumi dirasakan oleh masyarakat. Meskipun begitu, belum ada teknologi yang dapat memprediksi terjadinya gempa bumi secara tepat. "Belum ada negara dengan teknologi apa pun di dunia yang mampu memprediksi kapan, dimana, dan berapa kekuatan gempa bumi yang akan terjadi secara tepat hari dan tanggalnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/8).

Baca Juga: Jokowi Teken Inpres Penanganan Gempa Lombok Jadi Bencana Nasional

2. Tak semua gempa besar pada Minggu dan tanggal 26

BMKG: Broadcast Adanya Gempa pada Minggu Tanggal 26 HoaxBMKG

Gempa bumi di Jawa Barat pada Kamis, 2 September 2009 dan di Kepulauan Mentawai pada Jumat, 2 Maret 2016 merupakan bukti bahwa gempa bumi berkekuatan hebat tak hanya terjadi di hari Minggu dan tanggal 26. Oleh karena itu BMKG mengatakan keliru mengidentikkan gempa besar dengan hari Minggu dan tanggal 26. "Tidak semua gempa bumi besar terjadi pada tanggal 26 dan pada hari Minggu," tegasnya.

3. Jangan percaya hoax

BMKG: Broadcast Adanya Gempa pada Minggu Tanggal 26 HoaxIDN Times/Sukma Shakti

Agus berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya apalagi terprovokasi dengan berita-berita yang tidak jelas sumbernya (hoax). Masyarakat diminta untuk selalu mengecek info terkait bencana terkini di laman resmi BMKG www.bmkg.go.id, aplikasi infoBMKG, dan media sosial resmi BMKG. "BMKG merupakan satu-satunya instansi resmi di Indonesia yang menginformasikan kejadian gempa bumi dan tsunami," jelasnya. 

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Tak Tetapkan Gempa Lombok Jadi Bencana Nasional

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya