Bus Mudik Gratis Jatim Terbanyak di Indonesia

Hampir seribu bus gratis bagi pemudik Jatim

Surabaya, IDN Times - Pagi ini, Selasa (12/6), Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberangkatkan ratusan unit bus untuk mengangkut para pemudik secara gratis di depan kantor Dinas Perhubungan Jatim. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi, total ada 926 armada bus yang dikerahkan untuk program mudik gratis.

1. Mudik gratis terbesar

Bus Mudik Gratis Jatim Terbanyak di IndonesiaIDN Times/Fitria Madia

Wahid menyampaikan bahwa mudik gratis di Jawa Timur merupakan yang terbesar di Indonesia. Dengan total 926 armada, 560 diantaranya merupakan bus dari pemerintah Jatim dan 366 sisanya dari pihak swasta. "Di daerah lain jumlahnya tak sebanyak ini," ujar Wahid dalam sambutannya.

Bus mudik gratis akan mengantarkan para pemudik ke berbagai tujuan antara lain Banyuwangi, Pacitan, Trenggalek, Blitar, Tuban, dan Madura. Pemberangkatannya akan dibagi menjadi dua hari yaitu Selasa (12/6) dan Rabu (13/6). Tak hanya di depan kantor Dishub Jatim, pemberangkatan bus juga akan kita bagi, ada di Radar Surabaya, ITS, dan di beberapa tempat lain.

2. Sebanyak 98 persen kursi terisi

Bus Mudik Gratis Jatim Terbanyak di IndonesiaIDN Times/Fitria Madia

Wahid memaparkan bahwa kursi mudik gratis tahun ini belum terisi penuh. Hingga pemberangkatan tiba, baru 98 persen kursi yang terisi. "Berdasarkan catatan, yang mendaftar masih 98 persen saja," ujarnya. Meskipun begitu, antusiasme masyarakat tetap tinggi terhadap program tahunan ini.

3. Diharap menjadi pemecah penumpukan massa

Bus Mudik Gratis Jatim Terbanyak di IndonesiaIDN Times/Fitria Madia

Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Ahmad Sukardi yang juga hadir dalam acara itu menuturkan bahwa langkah ini diharapkan menjadi solusi masyarakat jelang lebaran. Program ini diharapkan mampu mengurangi penumpukan penumpang di terminal, juga mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan. "Ini langkah bagus untuk menguranginya kecelakaan, dan saya harap pemudik sudah tak lagi gunakan motor karena terlalu berbahaya," himbaunya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya