Comscore Tracker

Cyber Crime Polda Jatim Turun Tangan Selidiki Gilang Bungkus Jarik

Gilang kerap mencari korban melalui akun media sosialnya

Surabaya, IDN Times - Nama Gilang kini tengah menjadi sorotan setelah fetish membungkus orang dengan kain jarik menjadi konsumsi publik di media sosial. Sosok mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga itu kini juga tengah dicari oleh pihak kampus dan kepolisian.

Yang terbaru, Polda Jatim bahkan menerjunkan tim cyber crime untuk menyelidiki akun media sosial Gilang.

1. Polda Jatim selidiki akun media sosial Gilang

Cyber Crime Polda Jatim Turun Tangan Selidiki Gilang Bungkus JarikKabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. Dok.IDN Times/Istimewa

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, Polda Jatim melalui Subdit V Siber Ditreskrimsus akan menyelidiki akun Instagram milik Gilang di akun bernama @gilangezian. Beberapa waktu lalu, akun tersebut sempat hilang lalu kemudian muncul kembali.

"Direktorat Reserse Kriminal Khusus yaitu Subdit Cyber melaksanakan penelusuran dan penyelidikan akun bernama G (Gilang) yang banyak membuat keresahan para netizen," tutur Truno, Jumat (31/7/2020).

2. Gilang meresahkan melalui media sosial

Cyber Crime Polda Jatim Turun Tangan Selidiki Gilang Bungkus JarikIlustrasi Pelecehan (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Truno, perilaku Gilang meresahkan banyak orang melalui akun media sosialnya. Oleh karena itu, penyelidikan melalui tim khusus cyber crime dirasa cocok untuk menangani kasus Gilang. Diketahui sebelumnya, Gilang memang aktif korban melalui pesan Instagram yang dikirimkan ke berbagai laki-laki.

"Yang bersangkutan membuat keresahan para netizen dengan pengunggahan konten meminta dan menyuruh serta melakukan beberapa perilaku pelecehan, berdasarkan konten-konten yang disampaikan para netizen," tuturnya.

Baca Juga: Jemput Bola, Polisi Hubungi Korban Pelecehan Seksual Berkedok TA

3. Untuk memberi rasa aman pada masyarakat

Cyber Crime Polda Jatim Turun Tangan Selidiki Gilang Bungkus JarikIlustrasi Pemerkosaan (IDN Times/Mardya Shakti)

Truno menjelaskan bahwa penyelidikan ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat bahwa perbuatan Gilang bisa dikategorikan sebagai tindak pidana. Masyarakat pun diharapkan untuk tenang lantaran kepolisian sedang berusaha untuk menangani kasus tersebut.

"Penyelidikan ini sebagai bentuk memberikan kepastian hukum dan membuat masyarakat aman dan terlindungi," imbuhnya.

4. Tengah menunggu laporan korban

Cyber Crime Polda Jatim Turun Tangan Selidiki Gilang Bungkus JarikKorban Gilang, Fetish Kain Jarik yang Viral di Twitter. Twitter.com/m_fikris

Selain itu, Truno juga tengah menunggu laporan dari para korban untuk menindaklanjuti kasus ini. Namun hingga saat ini, pihak Polda Jatim masih belum menerima laporan dari korban.

"Sejauh ini juga Polda Jatim dan jajaran belum menerima adanya pengaduan dan laporannya dari para korban, apabila ada yang melaporkan tentu juga akan mempercepat dan mempermudah proses penyelidikan terkait viral berita tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Pelecehan Seksual Berkedok Tugas Akhir, Unair Ancam DO Pelaku

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya