Comscore Tracker

Fraksi PDIP DKI Beri Sinyal Risma akan Diboyong ke Pilgub Jakarta 2022

Jauh-jauh ke Surabaya, bukan cuma mau berguru soal banjir

Surabaya, IDN Times - Niat Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta mengunjungi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini rupanya bukan hanya mempelajari cara mengelola perkotaan.

Diam-diam partai berlambang banteng itu memberikan sinyal hendak memboyong Risma ke Jakarta. Benarkah Risma akan menjadi salah satu kandidat di Pilkada DKI Jakarta 2022?

1. Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta tak menampik ini adalah sinyal membawa Risma ke Jakarta

Fraksi PDIP DKI Beri Sinyal Risma akan Diboyong ke Pilgub Jakarta 2022Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warasono saat mengunjungi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Jumat (20/12). IDN Times/Fitria Madia

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono semula enggan mengungkap tujuan lain dirinya membawa seluruh anggota fraksi ke Kota Surabaya. Ia hanya memberikan kode bahwa memang ada motivasi lain terkait kunjungan ke Kota Pahlawan.

"Ya sinyal aja. Sampeyan (anda) terjemahkan sinyalnya sendiri. Saya gak boleh gegeh mongso (mendahului apa yang belum terjadi). Ini sinyal yang menurut teman-teman Surabaya bisa diterjemahkan lah," ujarnya kepada wartawan usai pertemuan dengan Risma di Ruang Sidang Wali Kota Surabaya, Jumat (20/12).

Baca Juga: Gembong Minta Anies Tiru Risma yang Tak Pernah Salahkan Banjir Kiriman

2. Berharap kesuksesan Risma menata Surabaya diterapkan di Jakarta

Fraksi PDIP DKI Beri Sinyal Risma akan Diboyong ke Pilgub Jakarta 2022Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warasono saat berdiskusi soal penanganan banjir, Jumat (20/12). IDN Times/Fitria Madia

Gembong menambahkan, rombongan yang dia bawa ke Surabaya mengaku puas dengan pelajaran yang bisa dipetik dari Risma. Mereka menilai Risma punya banyak kelebihan untuk mengelola sebuah daerah.

Ia pun berharap kelebihan yang dimiliki Risma itu diterapkan di Jakarta.

"Ya makanya dari kunjungan ini kan banyak yang kami gali. Setelah kami gali kok memang Surabaya banyak kelebihan. Apa salahnya kalau kelebihan ini...Kita nanti ya..." tuturnya menggantung.

Sebelumnya, salah satu anggota fraksi sempat menyeletuk jika Risma sebaiknya memimpin DKI Jakarta agar permasalahan di sana segera selesai. Celetukan itu pun hanya dibalas tawa oleh Risma.

3. Risma serahkan rencana ke depan kepada Tuhan

Fraksi PDIP DKI Beri Sinyal Risma akan Diboyong ke Pilgub Jakarta 2022Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) dalam kampanye pencegahan anak stunting di Surabaya, Rabu (18/12). IDN Times/Fitria Madia

Ketika ditanya, apakah dirinya bersedia memimpin DKI Jakarta dan mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2022, Risma hanya tersenyum. Bukannya mengelak seperti biasanya, ia mengatakan masih belum memikirkannya dan menyerahkan semua nasib ke Tuhan.

"Serahkan sama Tuhan yang Maha Kuasa. Itu bukan kewenangan saya untuk jawab," kata Risma.

Baca Juga: Anggota DPRD DKI Jakarta Berguru ke Walkot Risma untuk Atasi Banjir

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya