Gempa Sumenep, Pemprov Jatim Kirim Bantuan dan Dirikan Posko

Bantuan berupa keperluan sehari-hari

Surabaya, IDN Times - Gempa yang terjadi di Sumenep pada Rabu (13/6) malam mendapat respon cepat dari pemerintah provinsi. Disampaikan oleh, kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto, Kamis (14/6). Pihak Pemprov, kata dia, bergerak cepat dengan mengirimkan bantuan dan juga mendirikan posko-posko bencana di beberapa lokasi. 

1. Bantuan berupa matras hingga tenda gunung

Gempa Sumenep, Pemprov Jatim Kirim Bantuan dan Dirikan PoskoIDN Times/Sukma Shakti

Bantuan-bantuan yang telah dikirimkan oleh pemprov Jatim berupa tenda serbaguna sebanyak dua unit, matras, tenda gunung 100 lembar, kasur 30 buah, selimut woll dan paket sandang. Juga, berbagai bantuan pangan, seperti lauk pauk, minyak goreng, mie instan, kecap dan ikan kaleng/sarden.

 “Kepala BPBD Jatim juga sudah meluncur ke lokasi tadi pagi dan Dinas Sosial Provinsi Jatim juga sudah menyerahkan bantuan langsung ke korban,” jelasnya.

2. Turunkan puluhan tenaga penyelamat

Gempa Sumenep, Pemprov Jatim Kirim Bantuan dan Dirikan PoskoIDN Times/Sukma Shakti

Menurut keterangan Benny, penanganan dampak bencana ini dikoordinir langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim yang dibantu oleh BPBD setempat. Dinas Sosial Provinsi Jatim juga langsung mengirimkan bantuan kepada masyarakat korban bencana.

Penanganan pasca bencana dilakukan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana), TNI/Polri dan dibantu oleh masyarakat setempat. Personil Tagana yang terlibat berasal dari Kab. Sumenep sebanyak 37 orang dan Provinsi Jatim sebanyak 20 orang.

3. Gempa berkekuatan 4,7 SR

Gempa Sumenep, Pemprov Jatim Kirim Bantuan dan Dirikan PoskoIDN Times/Sukma Shakti

Gempa bumi ini berkekuatan 4,7 SR dan terjadi sekitar pukul 20.06 WIB. Berdasarlan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, pusat gempa berada di timur laut Kota Sumenep dengan koordinat 6,91˚ LS; 113,95˚ BT atau sekira 17 km dari pusat kota Sumenep dengan kedalaman gempa 15 km.

Gempa berdampak pada beberapa kecamatan seperti Kecamatan Manding, Dasuk, Batuputih, Ambunten dan Pasongsongan. Dua kecamatan yang terdampak paling parah kerusakan rumah terjadi di kecamatan Batuputih sebanyak 11 rumah rusak berat, 4 rusak sedang dan 21 rusak ringan, serta di kec Dasuk dilaporkan satu rumah rusak berat dan 4 rumah rusak ringan.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya