Gisel hingga Jedar Bisa Jadi Tersangka? Kapolda: Semua Kemungkinan Ada

Kasus carding menyeret sejumlah artis

Surabaya, IDN Times - Kasus akses ilegal terhadap kartu kredit orang lain alias carding yang diungkap oleh Polda Jatim menyeret banyak nama artis. Saat ini, artis-artis tersebut masih menjadi saksi. Tapi tak menutup kemungkinan, dengan segala fasilitas yang diterima, para artis bisa saja ditetapkan polisi sebagai tersangka.

1. Ada enam artis yang terseret kasus carding

Gisel hingga Jedar Bisa Jadi Tersangka? Kapolda: Semua Kemungkinan Adainstagram.com/inijedar

Saat polisi merilis kasus carding ini, para tersangka menyebut beberapa nama artis yang turut mempromosikan bisnis mereka melalui sistem endorse. Setidaknya ada enam artis yang disebut. Yaitu Gisella Anastasia, Tyas Mirasih, Boy William, Awkarin, Ruth Stefanie, hingga Jessica Iskandar (Jedar).

"Saat ini para publik figur statusnya saksi karena endorse," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Jumat (28/2).

2. Belum ada artis yang memenuhi panggilan polisi

Gisel hingga Jedar Bisa Jadi Tersangka? Kapolda: Semua Kemungkinan AdaInstagram.com/tyasmirasih

Akan tetapi, tak menutup kemungkinan para saksi tersebut bisa naik statusnya sebagai tersangka jika memang tahu modus pelaku sejak awal. Hingga saat ini, mereka belum ada yang memenuhi panggilan penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim untuk diperiksa. Gisella dan Tyas yang dijadwalkan hadir hari ini pun batal datang.

"Semua kemungkinan (ditetapkan tersangka) ada. Makanya, akan kami dalami mens rea-nya dulu," tutur alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 tersebut.

Baca Juga: Kasus Carding, Enam Artis Ini Dapat Tiket Gratis dari Para Tersangka 

3. Harus dipastikan apakah benar-benar tidak terlibat

Gisel hingga Jedar Bisa Jadi Tersangka? Kapolda: Semua Kemungkinan AdaKapolda Jatim Luki Hermawan. IDN Times/Fitria Madia

Luki harus memastikan, apakah para artis yang meng-endorse itu benar-benar tidak terlibat dan tidak tahu bisnis yang mereka promosikan merupakan hasil dari tindakan kriminal. Untuk mengetahui hal tersebut, Korps Bhayangkara butuh pemeriksaan lebih lanjut.

"Ini apakah yang bersangkutan betul-betul tidak tahu. Nah, ini yang perlu pendalaman," ungkapnya.

4. Para artis menikmati hasil carding?

Gisel hingga Jedar Bisa Jadi Tersangka? Kapolda: Semua Kemungkinan AdaTersangka kasus carding atau pembobolan kartu credit yang melibatkan artis di Polda Jatim, Kamis (27/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dari hasil pemeriksaan pelaku carding yang sudah ditangkap, enam artis itu disebut ikut mendapatkan fasilitas seperti tiket gratis dan sejumlah bayaran lainnya. Harga tiketnya pun tak main-main. Seperti yang diberikan kepada Gisella seharga Rp25 juta dan Boy William seharga Rp75 juta. Namun, nantinya polisi tetap akan mengonfrontir keterangan pelaku itu dengan pengakuan para artis.

"Kami akan dalami mens rea-nya, karena mereka ikut menikmati juga. Di samping dapat bayaran, juga dapat gratisan. Ini harusnya tanda tanya," pungkas jenderal bintang dua itu.

Baca Juga: Kasus Carding, Polda Batal Periksa Gisella dan Tyas Mirasih Hari Ini

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya