Gudang Bahan Kimia Terbakar, 11 Mobil Damkar Diturunkan

Sempat padam, dua kali ledakan kembali memicu kobaran api

Sidoarjo, IDN Times - Kamis (28/6) pagi hari terjadi sebuah kebakaran gudang kimia PT Sari Sarana Kimia Jalan Raya Taman Sidoarjo. Gudang ini bersebelahan dengan sebuah SPBU. Salah satu petugas SPBU yang sedang bertugas, I Putu mengatakan bahwa kebakaran bermula sekitar pukul 09.30 WIB. Ia dan rekannya yang lain juga mendengar ledakan yang cukup hebat selama beberapa kali.

1. Pemadam melibatkan damkar Surabaya

Gudang Bahan Kimia Terbakar, 11 Mobil Damkar DiturunkanIDN Times/Fitria Madia

Kasi Ops Pemadam Kebakaran Sidoarjo Sri Wulyono menjelaskan bahwa telah ada 11 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan. 9 unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Sidoarjo, 1 unit mobil Pemadam Kebakaran bantuan Surabaya, dan 1 unit mobil pemadam kebakaran milik perusahaan. "Saat ini api di dalam sudah reda dan dapat di kendalikan," imbuhnya.

Menurut Sri, mereka menerima laporan kebakaran sekitar pukul 09.40 WIB. "Saya langsung menghubungi 4 pos PMK Sidoarjo dan saya kerahkan semua kesini," terangnya.

2. Api cukup sulit dikendalikan

Gudang Bahan Kimia Terbakar, 11 Mobil Damkar DiturunkanIDN Times/Fitria Madia

Sri menerangkan bahwa kobaran api cukup besar sehingga ia perlu meminta bantuan dari Surabaya. Hal ini dikarebakan lokasi kebakaran merupakan gudang penyimpanan bahan kimia. "Kami menemui kesulitan karena yang terbakar adalah bahan kimia. Jadi tidak dapat dipadamkan sembarangan dengan air, harus pakai busa khusus," tuturnya.

Saat ini belum ditemukan adanya korban. Penyebab kebakaran pun belum bisa diidentifikasi. Namun pihaknya akan terus melakukan penyelidikan di dalam gudang.

3. Operasional SPBU dihentikan

Gudang Bahan Kimia Terbakar, 11 Mobil Damkar DiturunkanIDN Times/Fitria Madia

SPBU yang terletak tepat di sebelah lokasi kebakaran selamat dari bahaya api. Namun pihak SPBU terpaksa menutup SPBU untuk sementara. "Kami sudah mematikan listrik sejak ledakan pertama. Kami juga telah melakukan antisipasi berupa penyiraman dan persiapan APAR," terangnya.

Berdasarkan pantauan IDN Times, api sebenarnya sudah sempat dikendalikan sekitar pukul 11.30 WIB. Namun kembali terdengar ledakan yang membuat kobaran kembali muncul.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya