Gugur Saat Bertugas, Penyelam Syachrul Tinggalkan Seorang Putri

Syachrul dimakamkan di Surabaya

Surabaya, IDN Times - Proses evakuasi serpihan pesawat Lion Air JT 610 diwarnai kabar duka. Seorang penyelam yang ikut misi kemanusiaan dan tergabung dalam SAR, Syachrul Idrus (48) meninggal saat bertugas.  

Pria yang biasa disapa Anto itu meninggal saat menyelam untuk mencari serpihan pesawat pada Jumat (2/11) di perairan Karawang, Jawa Barat. Jenazah Syachrul pun kemudian diterbangkan ke Surabaya. 

1. Meninggalkan istri dan seorang putri

Gugur Saat Bertugas, Penyelam Syachrul Tinggalkan Seorang PutriFacebook/Syachrul Anto

Syachrul merupakan tulang punggung keluarga. Kepergiannya tentu membawa duka mendalam bagi anggota keluarga. 

Syachrul meninggalkan istri dan seorang putri. 

2. Dimakamkan di Surabaya

Gugur Saat Bertugas, Penyelam Syachrul Tinggalkan Seorang PutriIDN Times/Fitria Madia

Jenazah Anto dibawa ke rumah duka, Jalan Bendul Merisi Utara VII, Surabaya untuk dimakam, Sabtu (3/11). Rumah duka merupakan rumah keluarga istri Anto, Lyan Kurniawati (39). 

Jenazah tiba di rumah duka pada pukul 09.00 WIB. Rumah duka nampak ramai didatangi beberapa kerabat. Namun, terlihat belum ada karangan bunga di sekitar rumah tersebut. Lyan menerangkan bahwa jenazah akan dimakamkan di pemakaman umum warga. 

"Sebenarnya kami tinggalnya di Makassar. Tapi atas kesepakatan keluarga bersama akhirnya kami memutuskan untuk dimakamkan di sini," ujar Lyan saat ditemui di rumah duka. 

3. Istri belum tahu penyebab kematiannya

Gugur Saat Bertugas, Penyelam Syachrul Tinggalkan Seorang PutriFacebook/Syachrul Anto

Sambil terus terisak Lyan mengatakan bahwa ia belum tahu penyebab pasti dari kematian suaminya. Ia pun menerima kabar kematian suaminya dari tim Basarnas pada pukul 20.00 WIB, Jumat (2/11). 

"Dari rekan-rekannya itu cuma dikabari, menyelamnya setelah Salat Zuhur-Ashar. Sekitar pukul 2-3 siang. Saya juga belum siap mengetahui detail kematiannya kenapa, mungkin Basarnas yang lebih tahu," ujar Lyan. 

Baca Juga: Seorang Penyelam Meninggal Saat Evakuasi Pesawat Lion Air JT 610

4. Sudah membantu evakuasi Lion Air selama dua hari

Gugur Saat Bertugas, Penyelam Syachrul Tinggalkan Seorang PutriANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Ia melanjutkan, Anto berada di lokasi evakuasi selama dua hari. Anto dan Lyan saat itu sedang berada di Yogyakarta untuk melakukan perjalanan bisnis. Saat mendengar tragedi tersebut, Anto pun tergerak untuk langsung membantu. Anto meninggalkan Lyan di Yogyakarta dan terbang ke Jakarta pada Rabu (31/10). 

"Memang Ayah itu relawan tetapnya Basarnas. Dia dari dulu sering membantu. Jadi saat itu dia langsung terbang ke Jakarta tanpa kembali ke Makassar dulu untuk ambil peralatan menyelam,"  
 

Baca Juga: Sosok Penyelam yang Gugur Saat Evakuasi Lion Air di Mata Ketuanya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya