Gus Ipul Bentuk Tim Pencari Fakta, Bawaslu: No Comment

Bawaslu meminta warga melaporkan temuan pelanggaran

Surabaya, IDN Times - Gus Ipul bersama kiai pendukungnya membentuk Tim Pencari Fakta untuk mengusut dugaan adanya pelanggaran Pilkada. Namun Bawaslu Jawa Timur belum menerima laporan apa pun dari tim yang dibentuk Gus Ipul.

"Tidak ada tanggapan ya karena tidak melapor," ujar komisioner Bawaslu Jatim Aang Khunaifi kepada IDN Times saat ditemui di kantor Bawaslu Jatim, Sabtu (30/6).

1. Sudah temukan indikasi sejak awal  

Gus Ipul Bentuk Tim Pencari Fakta, Bawaslu: No CommentIDN Times/Reza Iqbal

Namun Aang mengatakan bahwa sebenarnya Bawaslu sudah menemukan dugaan terkait pelanggaran yang melibatkan program pemerintah tersebut sejak awal masa kampanye. Sayangnya pihaknya tidak dapat menindaklanjuti indikasi ini karena kurangnya bukti. "Kalau ada beberapa bukti yang kuat maka sampaikan ke kami," pesannya.

2. Masih no comment untuk tindak lanjut  

Gus Ipul Bentuk Tim Pencari Fakta, Bawaslu: No CommentIDN Times/Reza Iqbal

Ketika ditanya terkait potensi sanksi yang dapat dikenakan apabila dugaan tersebut terbukti, Aang masih no comment. "Gak bisa misal-misal. Nanti daripada rame," ujarnya. Ia mengaku segala bentuk tindak lanjut secara hukum akan diserahkan ke pihak yang berwenang seperti kepolisian, KPU, atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

3. Berharap temuan pelanggaran dilaporkan ke Bawaslu

Gus Ipul Bentuk Tim Pencari Fakta, Bawaslu: No CommentIDN Times/Abraham Herdyanto

Aang berpesan apabila ditemukan segala indikasi kecurangan pilkada maka seharusnya dilaporkan ke Bawaslu. "Kami tidak memaksa, tetapi kami sangat terbangun apabila ada laporan terkait pelanggaran," pesannya.

Baca Juga: Pernah Tampil di Piala Dunia, Sekarang 5 Negara Ini Hilang dari Peta!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya