H-1 Idul Adha, Suramadu Alami Peningkatan Kendaraan Hingga 30 persen

Kemacetan diperkirakan dimulai pada pukul 15.00 WIB

Surabaya, IDN Times - Jelang hari raya Idul Adha yang jatuh pada Rabu (21/8), masyarakat mulai berbondong-bondong mudik. Seperti yang terjadi di jembatan Suramadu, Kepala Gerbang Tol Suramadu Mujiono menyatakan bahwa penambahan volume kendaraan mulai terjadi sejak Selasa (20/8) malam.

1. Kenaikan capai 30 persen

H-1 Idul Adha, Suramadu Alami Peningkatan Kendaraan Hingga 30 persenINRIX Report

Mujiono menjelaskan, pada pukul 19.00 WIB Selasa malam, jumlah kendaraan yang melalui jembatan Suramadu telah mengamali kenaikan hingga 30 persen khususnya untuk kendaraan roda empat. "Mulai kemarin malam ada kenaikan. Roda empat mencapai 13.000 unit padahal biasanya cuma 10.000. Untuk roda 2 jumlahnya masih relatif sama yaitu 20.000 unit," ujarnya ketika dihubungi IDN Times, Selasa (21/8).

2. Kemacetan akan terjadi setelah pukul 15.00 WIB hari ini

H-1 Idul Adha, Suramadu Alami Peningkatan Kendaraan Hingga 30 persenIDN Times/Sukma Shakti

Sementara untuk hari ini, hingga pukul 14.00 WIB belum terjadi kepadatan di sepanjang jalur tol Suramadu. Mujiono mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, kemacetan akan mulai terjadi selepas pukul 15.00 WIB. "Peningkatan diperkirakan mencapai 60 persen dan pasti akan terjadi kemacetan. Biasanya nanti baru sepi sekitar pukul 22.00 WIB," lanjutnya.

Baca Juga: Idul Adha, 60 Ribu Jemaah Diperkirakan Padati Masjid Akbar Surabaya

3. Arus balik pada Rabu

H-1 Idul Adha, Suramadu Alami Peningkatan Kendaraan Hingga 30 persenIDN Times/Sukma Shakti

Untuk arus balik, Mujiono dapat memastikan bahwa akan terjadi pada Rabu sore. Para pemudik biasanya langsung kembali menuju Surbaya pada sore hari setelah merayakan hari raya. "Pasti langsung macet itu. Saya imbau untuk masyarakat yang mau pakai jembatan Suramadu, terutama roda dua, tolong jangan bawa keranjang di motor. Nanti malah bahaya," pesannya.

Baca Juga: Surabaya Akan Bangun Kereta Gantung di Atas Suramadu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya