Comscore Tracker

Terbawa Banjir, Sampah Berserakan di Tenda Jemaah Haji Indonesia

Petugas gotong royong membersihkan sampah tersebut

Surabaya, IDN Times - Hujan deras mengguyur Mina, Makkah, Arab Saudi, Senin (12/8) sore waktu setempat. Akibatnya, listrik yang ada di tenda jemaah haji sempat padam hingga membuat aktivitas jemaah tersendat.

Baca Juga: 184 Jemaah Haji Sakit, Kelelahan dan Heat Stroke Terbanyak

1. Hujan membuat listrik di tenda jemaah haji Indonesia sempat padam

Terbawa Banjir, Sampah Berserakan di Tenda Jemaah Haji IndonesiaIDN Times/Uni Lubis

Ketika hujan deras mengguyur, listrik yang mengaliri tenda jemaah haji asal Indonesia sempat padam. Namun Kepala Satuan Operasional (Kasatops) Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna) Jaetul Muchlis memastikan, kondisi di tenda jemaah haji Indonesia saat ini sudah kembali teraliri listrik dengan baik.

“Petugas siaga di pos masing-masing untuk memastikan kondisi aman dan layanan kepada jemaah berjalan sebagaimana biasanya,” ujar Muchlis melalui siaran pers Kementerian Agama, Selasa (13/8).

2. Kantong sampah berserakan akibat terbawa banjir

Terbawa Banjir, Sampah Berserakan di Tenda Jemaah Haji IndonesiaKemenag.go.id/satops armuzna

Banjir yang menggenangi tenda jemaah haji Indonesia, turut membawa kantong-kantong sampah yang berakhir berserakan di sekitar tenda. Namun, panitia penyelenggara haji bergotong royong untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.

"Dampak hujan berupa sampah di jalanan karena kantong-kantong sampah hanyut dan sekarang dalam tahap pembersihan," terangnya.

3. Kegiatan ibadah haji sempat terhenti

Terbawa Banjir, Sampah Berserakan di Tenda Jemaah Haji IndonesiaKemenag.go.id/Bahauddin/MCH 2019

Akibat hujan deras tersebut, rangkaian ibadah haji sempat terhenti. Jemaah haji asal Indonesia sempat ditahan di tenda agar tidak bergerak menuju tempat lontar jumrah (Jamarat).

"Sementara ini, jemaah haji Indonesia yang masih di Mina, diminta untuk menahan diri tidak ke Jamarat. Selain cukup padat oleh jemaah dari negara lain, kondisi jalan juga masih basah dan licin,” tutur Muchlis.

Namun kondisi tersebut sudah berangsur kondusif. Muchlis memastikan tidak ada korban akibat banjir dan hujan deras tersebut.

“Layanan katering di dapur juga tetap berjalan. Petugas haji terus memantau agar distribusi makan malam untuk jemaah berjalan normal,” tutupnya.

4. Genangan air tinggi hingga membuat jemaah haji antre saat berjalan

Terbawa Banjir, Sampah Berserakan di Tenda Jemaah Haji IndonesiaTim P3JH Kementerian Agama RI

Sementara itu, sebuah video yang beredar di grup Whatsapp memperlihatkan genangan air cukup tinggi hingga membuat jemaah haji mengantre saat berjalan.

Bahkan jemaah haji yang mengenakan kursi roda perlu diangkat oleh beberapa orang agar dapat melewati arus banjir.

"Menurut informasi yang kami dapatkan dari petugas haji di Arab Saudi, kejadian tersebut betul adanya, karena hujan kemarin," ujar Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Isna, Selasa (13/8).

Baca Juga: Hari Ini Wukuf di Arafah, Begini Kondisi Jemaah Haji Indonesia

Topic:

  • Sunariyah

Just For You