IMS 2020: Ternyata Ini Rahasia Risma Cepat Tangani Banjir di Surabaya

Risma memamerkan tabletnya di panggung #IMS2020

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma, membagikan rahasianya dalam menuntaskan banjir yang sempat melanda sebagian wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur beberapa hari lalu. Hal tersebut disampaikan Risma saat menjadi pembicara di Indonesia Millennial Summit 2020 by IDN Times, di Gedung Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (17/1).

Risma saat itu duduk satu panggung dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Alue Dohong, dalam sesi New Deal for Nature in Indonesia. Ia kemudian mendapat pertanyaan terkait caranya mengantisipasi dan menangani banjir di Kota Surabaya.

"Kami punya rumah pompa air. Ini fungsinya untuk mengatur ketinggian muka air. Soalnya di Kota Surabaya sekarang hujan deras luar biasa, 150-180 meter kubik per detik," ujar Risma.

Moderator acara yakni Pemimpin Redaksi Metro TV Arief Suditomo pun meyakinkan bahwa rumah pompa di Surabaya selalu menyala tepat waktu saat dibutuhkan. Sehingga, saat banjir melanda Surabaya, peristiwa ini tak berlangsung lama, yakni hanya sekitar 2 jam karena rumah pompa langsung bekerja. Hal ini dibandingkan dengan situasi di Jakarta, di mana saat banjir terjadi banyak pompa air mati hingga tidak bisa menyedot air banjir.

"Ya iyalah. Saya kan punya kamera yang bisa mantau rumah pompa saya," jawab Risma seraya memamerkan tabletnya yang tersambung langsung dengan CCTV di rumah-rumah pompa di Surabaya. Ruangan pun riuh dengan tepuk tangan para penonton.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times  juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/a5PUopi6Jm0

Baca Juga: IMS 2020: Erick Thohir Turut Membuka Indonesia Millennial Summit 2020

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya