4 Hal yang Bikin Risma Menangkan Penghargaan Lee Kuan Yew

Selamat ya Surabaya!

Surabaya, IDN Times - Kesuksesan Pemerintah Kota Surabaya meraih Special Mention di Lee Kuan Yew 2018 tak lepas dari kerja keras Pemkot membangun kota Surabaya. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam sambutannya ketika menerima penghargaan tersebut di Marina Bay Sands Expo and Convention Center, Singapura, Senin (9/7).

1. Pemberdayaan masyarakat

4 Hal yang Bikin Risma Menangkan Penghargaan Lee Kuan YewDok.IDN Times/Istimewa

Dalam sambutannya, Risma memaparkan keberhasilan Kota Surabaya dalam mengubah wajah kampung nelayan yang kumuh menjadi berwarna dan bersih. Ia juga menambahkan bahwa program ekonomi kemasyarakatan bagi para nelayan mampu mengangkat perekonomian warga serta penanganan sosial dan anak.

"Mengajak warga kampung untuk berperan aktif dalam lingkungan maupun ekonomi kemasyarakatan menjadi fokus kami menjadikan Surabaya kota milik bersama. Terbukti dengan melibatkan masyarakat secara langsung, kini sudah 6 ribu lebih kelompok ekonomi,” jelasnya.

2. Kemudahan izin usaha

4 Hal yang Bikin Risma Menangkan Penghargaan Lee Kuan YewDok.IDN Times/Istimewa

Risma menambahkan, pihaknya memastikan kelompok ekonomi masyarakat dan pemuda tidak hanya dilatih tentang produk dan pengelolaan keuangan. Ia juga memonitor segi perijinan agar dibantu oleh Pemkot Surabaya. "Kami juga pastikan sisi hukumnya dengan mengurus perizinan usaha dan hak paten produk yang dihasilkan warga," tegasnya.

3. Tawarkan berbagai beasiswa pendidikan

4 Hal yang Bikin Risma Menangkan Penghargaan Lee Kuan YewDok.IDN Times/Istimewa

Salah satu fokus utama Risma saat ini yaitu pendidikan tentu tak luput ia jelaskan. Risma memaparkan Kota Surabaya memiliki banyak program beasiswa bagi anak-anak Surabaya, mulai pilot, teknik mesin pesawat hingga pramugari. "Kita juga menggandeng universitas untuk memberikan beasiswa berbagai jurusan," tambahnya.

Beberapa waktu lalu contohnya, pemkot Surabaya bekerja sama dengan Universitas Surabaya untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa baru tahun angkatan 2018. Melalui Dinas Sosial, ia juga mengadakan beasiswa Bibit Unggul Surabaya.

4. Kenyamanan dan kebersihan kota

Risma juga menyebutkan, keterbatasan anggaran yang dimiliki Surabaya tidak membuat pihaknya terus menciptakan lingkungan kota yang layak tinggal bagi warganya. "APBD Kota Surabaya mungkin lebih kecil dibanding tiga kota peraih special mention lainnya, tapi kami buktikan jika bisa merubah wajah kota lebih nyaman, bersih bagi warga," pungkasnya dalam sambutan.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya