Ini Sosok Wanita Bogor Penghina Risma di Facebook

Ia kerap mengunggah ujaran kebencian terhadap Risma

Surabaya, IDN Times - Pelaku di balik akun Facebook Zikria Dzatil, pihak yang menghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya diungkap. Ia adalah seorang wanita asal Bogor yang memang aktif bermain media sosial.

1. Penghina Risma adalah ibu rumah tangga di Bogor

Ini Sosok Wanita Bogor Penghina Risma di FacebookRilis kasus pelaku penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Mapolrestabes, Surabya. IDN Times/Fitria Madia

Rupanya akun Facebook Zikria Dzatil merupakan akun nyata yang dijalankan oleh wanita yang bernama sama. Zikria merupakan seorang ibu rumah tangga yang tinggal di sebuah perumahan Kota Bogor, Jawa Barat.

"Atas izin dan ridho Allah SWT, Polrestabes Surabaya bisa mengungkap kasus yang sempat viral di medsos berkaitan penghinaan dan ujaran kebencian yang ditujukan pada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho dalam konferensi pers di Mapolrestabes Surabaya, Senin (3/1).

2. Sering mengunggah ujaran kebencian terhadap Risma

Ini Sosok Wanita Bogor Penghina Risma di FacebookBarang bukti kasus pelaku penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Mapolrestabes, Surabya. IDN Times/Fitria Madia

Dari barang bukti berupa tangkapan layar yang diambil oleh penyidik kepolisian, Zikria memang sering mengunggah starus bernada kasar kepada Risma. Di antaranya pada 16 Januari pukul 18.59 WIB yang kemudian menjadi viral. Status-status itu pun telah memenuhi unsur ujaran kebencian dan penghinaan menurut saksi ahli.

"Dari laporan polisi yang kami terima pada 21 Januari 2020, ditindak lanjuti maka ditemukan beberapa bukti," lanjutnya.

Baca Juga: Penghina Risma di Facebook Akhirnya Ditangkap

3. Ditangkap di rumahnya

Ini Sosok Wanita Bogor Penghina Risma di FacebookKapolrestabes Surabaya, Kombes Sandi Nugroho saat rilis kasus pelaku penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Mapolrestabes, Surabya. IDN Times/Fitria Madia

Zikria pun ditangkap di rumahnya di Perumahan Mutiara Bogor pada Jumat (31/1) petang. Proses penangkapannya berlangsung lancar dan tidak ada upaya perlawanan dari tersangka. Setelah ditangkap, tersangka pun langsung dibawa ke Surabaya.

"Tersangka sudah diperiksa dan sedang dalam proses untuk melengkapi berkas-berkas dan secepatnya akan kami limpahkan ke pengadilan," tuturnya.

Baca Juga: Terlacak, Akun Facebook Penghina Risma Diketahui dari Jawa Barat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya