Jan Ethes Naik Unicorn, Ketua Timses Jokowi: Tak Masalah

Beranggapan bukan pokok materi kampanye

Surabaya, IDN Times - Ketua Tim Cakra 19, relawan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin, yang berisikan purnawirawan TNI, Andi Widjajanto, memperkenalkan simbol baru yang menggunakan foto Jan Ethes menaiki unicorn. Menanggapi hal itu, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim, Machfud Arifin, beranggapan jika hal tersebut wajar, sehingga tidak perlu dipermasalahkan.

Baca Juga: Jika Dilaporkan, Jokowi akan Suruh Jan Ethes ke Bawaslu

1. Tidak mempermasalahkan gambar Jan Ethes

Jan Ethes Naik Unicorn, Ketua Timses Jokowi: Tak Masalahinstagram.com/janethes_story

Machfud mengatakan, tidak ada yang perlu dipermasalahkan dengan digunakannya gambar Jan Ethes sebagai logo salah satu relawan Jokowi-Ma'ruf. Dia malah membandingkan Jan Ethes yang mengendari unicorn dengan Prabowo yang suka berkuda.

"Jan Ethes bagus. Cukup buat lawan yang main kuda dewasa itu," ujarnya saat ditemui di Posko TKD Jatim Jalan Basuki Rahmat, Jumat (8/3).

2. Bukan pokok materi kampanye

Jan Ethes Naik Unicorn, Ketua Timses Jokowi: Tak MasalahIDN Times/Fitria Madia

Menurut Machfud, digunakannya gambar Jan Ethes hanyalah sebagai pemanis logo tersebut, bukan sebagai pokok materi kampanye. Oleh karena itu, ia yakin hal tersebut tidak melanggar pidana Pemilu. "Itu hanya lucu-lucuan saja. Bukan pokok kampanye. Gak masalah," ungkapnya.

3. Tidak masalah digunakan di Jatim

Jan Ethes Naik Unicorn, Ketua Timses Jokowi: Tak MasalahIDN Times/Fitria Madia

Machfud juga merasa tidak keberatan apabila Cakra 19 menggunakan logo Jan Ethes mengendarai unicorn dan menyebarkannya di Jatim. Menurutnya, hal tersebut telah dipertimbangkan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN). "Gak masalah. Itu sudah dihitunglah oleh orang-orang pusat. Pasti dihitung," tuturnya.

4. Jan Ethes sempat jadi polemik di kedua kubu

Jan Ethes Naik Unicorn, Ketua Timses Jokowi: Tak MasalahInstagram/@janethes_story

Sebelumnya, Andi meluncurkan logo tersebut pada Rabu (6/3) malam. Padahal, seperti yang diketahui, Jan Ethes sempat menjadi polemik antara kedua kubu. Kubu Prabowo menduga Jan Ethes yang masih anak-anak diajak berkampanye yang memang merupakan tindakan pidana Pemilu. Jokowi pun sempat menyatakan apabila Jan Ethes dilaporkan ke Bawaslu, maka ia akan menyuruhnya pergi ke Bawaslu.

Baca Juga: Jika Dilaporkan, Jokowi Akan Suruh Jan Ethes ke Bawaslu

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya