Jelang Asian Games, Polrestabes Surabaya Ungkap Ratusan Tindak Pidana

Ciptakan kondisi aman jelang Asian Games

Surabaya, IDN Times - Polrestabes Surabaya menggelar rilis hasil buruan mereka saat menangkap pelaku-pelaku tindak kejahatan jalanan, Senin (9/7). Kegiatan ini digelar untuk cipta kondisi sebelum pelaksanaan Asian Games.

1. Surabaya turut imbangi stabilitas jelang Asian Games

Jelang Asian Games, Polrestabes Surabaya Ungkap Ratusan Tindak PidanaIDN Times/Fitria Madia

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan menerangkan bahwa stabilnya kondisi Surabaya akan berdampak pada kota penyelenggara. "Asian Games penyelenggaraanya ada di Palembang, Jakarta, dan Jawa barat. Kita bukan daerah tempat penyelenggaraan tapi suasana harus damai seluruh indonesia. Jangan sampai ada pemberitaan saat berlangsungnya kegiatan pesta olahraga internasional," terangnya.

2. Sebanyak 487 kasus pencurian terungkap

Jelang Asian Games, Polrestabes Surabaya Ungkap Ratusan Tindak PidanaIDN Times/Fitria Madia

Dalam rilis kali ini, terdapat kasus premanisme sebanyak 487 kasus, curanmor (pencurian kendaraan bermotor) 6 kasus, curas (pencurian dengan kekerasan) 20 kasus, dan curat (pencurian dengan pemberatan) 14 kasus. "Curas cukup tinggi terutama yang perampasan jambret di jalan. Itu yang kita lakukan beberapa minggu terakhir ini, Polrestabes beserta jajarannya," jelas Rudi.

3. Sinergikan seluruh lapisan masyarakat

Jelang Asian Games, Polrestabes Surabaya Ungkap Ratusan Tindak PidanaIDN Times/Fitria Madia

Rudi menambahkan bahwa ia sudah mengarahkan pejabat-pejabat utama Polrestabes untuk menghadapi maraknya kejahatan jalanan. "Kita bekerjasama dengan stakehodler yg lain seperti masyarakat kemudian itu FKPM, karangtaruna. Kita mengimbau kepada masyarakat saat waktu yang sepi memperhatikan barang bawaan dan tidak memperlihatkan barang yang berharga seperti kalung dan cincin," pesan Rudi. Dia juga mengimbau untuk digalakkannya siskamling di tingkat RT/RW untuk mencegah segala macam tindakan kriminal ketika rumah kosong pada malam hari ini.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya