Jelang Pilkada, Dispendukcapil Dibanjiri Pemohon e-KTP

Jangan sampai tidak bisa menggunakan hak pilih

Surabaya, IDN Times - Layanan pengurusan e-KTP oleh Dispendukcapil Surabaya di gedung Siola nampak dipadati warga pada Senin (25/6). Warga saling berebut tempat duduk guna menunggu proses pembuatan KTP elektronik. Kepala bidang pendataan penduduk Dispendukcapil Kota Surabaya Ferry Jocom mengatakan telah ada sekitar 600 pemohon dari jam buka operasi hingga pukul 14.00 WIB.

1. Pengurusan karena bertepatan hari libur

Jelang Pilkada, Dispendukcapil Dibanjiri Pemohon e-KTPIDN Times/Fitria Madia

Ferry menambahkan kebanyakan warga melakukan perekaman biometrik dan cetak. "Memang yang perekaman banyak yang usia 17 atau baru melakukan perekaman," imbuhnya. Hal ini lantaran masih dalam masa-masa libur sekolah.

Wildatun Naufiliyah (18) membenarkan hal tersebut. Ia bersama beberapa temannya mengurus e-KTP pada hari ini karena masih libur sekolah. "Kami kan mondok di Sampang, jadi mumpung libur sama teman-teman di Surabaya ngurus bareng," ujarnya.

2. Tak lepas jelang Pilkada

Jelang Pilkada, Dispendukcapil Dibanjiri Pemohon e-KTPIDN Times/Fitria Madia

Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo menerangkan bahwa kepadatan pemohon e-KTP tak lepas dari Pilkada yang akan digelar pada 27 Juni. Pihaknya akan bekerja keras untuk memenuhi permohonan warga Surabaya. Namun ia menerangkan bagi yang belum memiliki e-KTP bisa menggunakan surat keterangan pengganti.

3. Dispendukcapil Surabaya sediakan 52 ribu blanko

Jelang Pilkada, Dispendukcapil Dibanjiri Pemohon e-KTPIDN Times/Fitria Madia

Ferry menambahkan, saat ini pemerintah Kota Surabaya telah menyediakan 52 ribu blanko siap cetak. "Blanko ini pun sudah kami distribusikan ke kecamatan. Sebenarnya pelayanan e-KTP ini sudah ada di kecamatan-kecamatan, entah kok ingin mengurus di sini mungkin sekalian jalan-jalan," tururnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya