Jokowi Dikabarkan Panggil Calon Menteri, Risma Sudah di Jakarta

Jadi Mensos?

Surabaya, IDN Times - Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan akan memperkenalkan menteri-menteri barunya hari ini, Selasa (22/12/2020). Pada hari yang sama, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini diketahui mendadak ke DKI Jakarta tanpa agenda pasti. Seperti diketahui, akhir-akhir ini Risma santer diisukan jadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung korupsi bansos.

1. Risma ke Jakarta

Jokowi Dikabarkan Panggil Calon Menteri, Risma Sudah di JakartaWali Kota Surabaya Tri Risma Harini di Lab Creative IDN Media, Sabtu (7/3) IDN Times/Indra Zakaria

Kasubag Liputan dan Pers Bagian Humas Pemkot Surabaya, Indriatno membenarkan bahwa Risma tak memiliki agenda di Kota Surabaya pada Selasa (22/12/2020). Ternyata, sejak Senin malam (21/12/2020), Risma sudah berangkat ke Jakarta. Namun, Indri tak memberi tahu dengan pasti apa agenda Risma ke Jakarta dan siapa saja yang menemaninya.

"Saya kurang tahu," ujarnya saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon, Selasa pagi.

2. Apakah Risma ke Jakarta dipanggil Jokowi?

Jokowi Dikabarkan Panggil Calon Menteri, Risma Sudah di JakartaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Ketika dikonfirmasi apakah Risma ke Jakarta karena dipanggil oleh Jokowi, Indri pun tak bisa memberikan informasi apapun seakan merahasiakan agendanya. Ia beralasan tak tahu menahu apa saja kegiatan Risma ke Jakarta.

"Belum ada info ke sana (istana)," tuturnya.

Baca Juga: Makin Kencang Diisukan Jadi Mensos, Risma: Saya Gak Berani!

3. Risma masih ikut kerja bakti pada Senin siang

Jokowi Dikabarkan Panggil Calon Menteri, Risma Sudah di JakartaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memberikan keterangan di rumah dinasnya, Jumat (28/8/2020). IDN Times/ Fitria Madia

Padahal, pada Senin siang, Risma masih berada di Kota Surabaya. Ia sibuk turun langsung kerja bakti sembari mengaspal jalanan di kawasan Kembang Kuning. Saat itu Risma juga masih belum mengonfirmasi apakah ia dipastikan menjadi pengganti Juliari Batubara.

"Kemarin masih di sini, iya kerja bakti," sebut Indri.

4. Siap jadi Mensos jika diperintah Megawati

Jokowi Dikabarkan Panggil Calon Menteri, Risma Sudah di JakartaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memberangkatkan mahasiswa relawan COVID-19, Senin (3/8/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya

Sebelumnya, Risma tak menjawab tegas apakah ia bersedia menjadi Mensos. Seakan malu-malu mau, Risma mengatakan jabatan sebagai Mensos amat berat dan dirinya tak berani. Tapi, jika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah bertitah, Risma pun akan menurut.

"Kalau saya baru mendapat perintah Bu Mega, 'Bu Risma kamu jalani'. Nah itu aku baru jalan. Tapi bukan aku yang minta atau aku yang kepingin," ungkapnya, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga: Tak Berani Jadi Mensos, tapi Risma Siap Kalau Diperintah Megawati

Topik:

  • Dida Tenola
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya