Comscore Tracker

Reaksi Fadli Zon soal Kader Gerindra Terlibat Pengepungan Asrama Papua

Fadli Zon ingin meredakan suasana

Surabaya, IDN Times - Koordinator aksi massa pengepung Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (16/8) lalu sempat menjadi sorotan. Ia adalah Tri Susanti, dari organisasi masyarakat Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI).

Belakangan diketahui, Susi, sapaan akrabnya, merupakan kader Partai Gerindra hingga pernah bersaksi di Mahkamah Konstitusi (MK).

1. Fadli Zon sebut tidak tahu kadernya terlibat aksi pengepungan mahasiswa Papua di Surabaya

Reaksi Fadli Zon soal Kader Gerindra Terlibat Pengepungan Asrama PapuaIDN Times/Fitria Madia

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan pihaknya belum mengetahui kabar tersebut. Ia akan mengonfirmasi kebenaran kader Partai Gerindra yang diduga menggerakkan massa yang mengepung asrama mahasiswa Papua itu.

"Saya gak tahu itu. Nanti akan kita investigasi kita," ujar dia di depan Asrama Mahasiswa Papua, Jalan Kalasan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (21/8).

2. Ingin meredakan suasana

Reaksi Fadli Zon soal Kader Gerindra Terlibat Pengepungan Asrama PapuaIDN Times/Fitria Madia

Fadli Zon menjelaskan pihaknya tengah berusaha meredakan suasana yang menegang di Papua. Ia tidak ingin berkomentar lebih lanjut terkait aksi tersebut, dan memilih menunggu hasil pemeriksaan dari kepolisian.

"Kita dengarkan hasil-hasil mungkin dari pihak yang mempunyai kewenangan untuk itu. Kita dari pengawasan ikut membantu mempercepat penyelesaian ini dengan cepat," tutur dia.

Baca Juga: Dikunjungi Fadli Zon, Tak Satupun Mahasiswa Papua Keluar

3. Korlap massa aksi hingga caleg Partai Gerindra

Reaksi Fadli Zon soal Kader Gerindra Terlibat Pengepungan Asrama PapuaDok.IDN Times/Istimewa

Susi disebut-sebut sebagai koordinator lapangan massa saat mengepung Asrama Mahasiswa Papua pada Jumat (16/8) lalu. Ia juga yang mengaku memasang bendera merah putih di depan Asrama Mahasiswa Papua, sebelum ditemukan tergeletak di selokan.

Belakangan diketahui, Susi sebagai kader Partai Gerindra dan pernah menjadi calon anggota DPRD Kota Surabaya Dapil 3 dari Partai Gerindra. Susi juga pernah bersaksi untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat sidang gugatan hasil Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Setelah namanya ramai dibicarakan, Susi pun memberikan pernyataan. Ia mengatasnamakan massa aksi dari masyarakat Surabaya meminta maaf atas tindakannya, yang diduga mengandung unsur rasialis.

Baca Juga: Caleg hingga Koordinator Aksi di Asrama Papua, Ini 5 Fakta Mak Susi

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You