Kepulangan Mahasiswa Unesa di Wuhan Tunggu Kondisi Aman 

Mereka masih terisolasi di dalam asrama

Surabaya, IDN Times - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tak ingin terburu-buru memulangkan mahasiswanya yang saat ini terisolasi di Kota Wuhan, Tiongkok. Pemulangan mereka akan disesuaikan dengan kondisi penyebaran virus Corona hingga kota dinyatakan aman untuk dilalui.

1. Mahasiswa Unesa di Wuhan akan dipindahkan saat kondisi aman

Kepulangan Mahasiswa Unesa di Wuhan Tunggu Kondisi Aman Rektor Unesa Prof Nurhasan. IDN Times/Fitria Madia

Rektor Unesa Prof Nurhasan menjelaskan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing, Tiongkok. Hingga saat ini, KBRI Beijing dan otoritas setempat masih menghitung jadwal yang sesuai bagi para mahasiswa Unesa agar bisa ke luar wilayah Wuhan.

"Kami harus memastikan. Sebab, jangan sampai mereka keluar dari asrama malah kena virusnya atau bagaimana. Harus dalam kondisi aman dulu," ujar Nurhasan saat ditemui di kantornya, Senin (27/1).

2. Sebenarnya mahasiswa ingin segera dipindahkan dari Wuhan

Kepulangan Mahasiswa Unesa di Wuhan Tunggu Kondisi Aman Suasana kota Wuhan, Tiongkok di sekitar asrama mahasiswa Indonesia yang terisolasi. (Pramesti Ardita Cahyani for IDN Times)

Nurhasan menuturkan, sebenarnya baik mahasiswa maupun pihak kampus ingin sesegera mungkin pindah dari lingkungan yang terisolasi di asrama Kampus Central China Normal University (CCNU). Jika tidak bisa langsung dipulangkan ke Indonesia, setidaknya mereka bisa ditempatkan di wilayah lain yang tidak semencekam Wuhan.

"Kami sih penginnya langsung balik ke Indonesia, ya. Tapi kami tunggu dulu hingga formulanya pas, agar anak-anak kami bisa pulang dengan selamat," lanjutnya.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, 12 Mahasiswa Unesa Terisolasi di Wuhan

3. Kampus Unesa akan tanggung tambahan biaya beasiswa dan urusan izin tinggal

Kepulangan Mahasiswa Unesa di Wuhan Tunggu Kondisi Aman IDN Times

Padahal, empat mahasiswa S1 beasiswa dan izin tinggalnya akan habis pada 2 Februrari 2020. Untuk itu, Nurhasan memastikan akan menangani permasalahan tersebut. Ia akan memperpanjang beasiswa dan visa tinggal mereka.

"Kami akan back up semua. Kemarin kami juga sudah komunikasikan dengan KBRI terkait izin tinggalnya dan katanya aman. Pokoknya yang penting mereka sehat-sehat di sana," terangnya.

4. Mahasiswa Unesa dalam kondisi sehat

Kepulangan Mahasiswa Unesa di Wuhan Tunggu Kondisi Aman Rektor Unesa Prof Nurhasan. IDN Times/Fitria Madia

Hingga saat ini, Nurhasan mengatakan 12 mahasiswa Unesa yang ada di Wuhan dalam keadaan sehat. Ia meminta KBRI dan kampus CCNU agar memperhatikan kondisi mahasiswa Unesa yang terisolasi di dalam asrama.

"Tadi pagi saya sudah komunikasi. Mereka semua aman, sehat, tidak ada persoalan apa pun," pungkasnya.

Baca Juga: Khofifah Minta Rektor Unesa Terus Update Kondisi Mahasiswa di Wuhan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya