Libur Lebaran, Penerbangan Internasional Bandara Juanda Meningkat

Paling banyak ke Kuala Lumpur dan Singapura

Sidoarjo, IDN Times - Perubahan ketetapan hari libur lebaran ternyata mempengaruhi tren penerbangan internasional di bandara Juanda, Sidoarjo. Communication and Legal Section Head Bandara Juanda Yuristo Ardhi menyampaikan meskipun penerbangan masih didominasi oleh domestik, namun penerbangan internasional mengalami pertumbuhan yang pesat. "Orang-orang banyak yang pergi liburan ke luar negeri," ujarnya, Kamis (14/6).

1. Pertumbuhan kargo mencapai 500 persen

Libur Lebaran, Penerbangan Internasional Bandara Juanda MeningkatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berdasarkan rekapitulasi monitoring data angkutan lebaran bandara Juanda, selisih pertumbuhan penumpang terbesar antara penerbangan internasioal 2018 dan 2017 terdapat pada H-7 lebaran sebesar 29.51 persen. Bahkan, untuk muatan kargo mengalami pertumbuhan sebesar 93.96 persen dibanding tahun lalu.

Selain itu, perkembangan yang sangat pesat terjadi pada H-8 dengan total pertumbuhan penumpang sebesar 16.46 persen. Hal yang mencengangkan terlihat pada pertumbuhan muatan kargo yang mencapai 575 persen.

2. Kuala Lumpur dan Singapura jadi tujuan favorit

Libur Lebaran, Penerbangan Internasional Bandara Juanda MeningkatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Yuristo menambahkan bahwa kota favorit penumpang bandara Juanda adalah Singapura dan disusul oleh Kuala Lumpur. Masing-masing kota mendapatkan penumpang sebesar 32.93 persen dan 32.87 persen dari total keseluruhan penumpang penerbangan internasional Juanda hingga H-3 lebaran. "Rata-rata yang keluar negeri memang untuk liburan," imbuhnya

3. Libur tahun ini lebih panjang

Libur Lebaran, Penerbangan Internasional Bandara Juanda MeningkatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ia menambahkan bahwa peningkatan penumpang dikarenakan libur lebaran 2018 yang lebih panjang dibanding 2017. "Yang tidak mudik dan punya dana lebih pada liburan ke luar negeri karena liburnya lama," ujarnya.

Sedangkan untuk TKI yang pulang ke Indonesia, trennya cukup sama dengan tahun lalu yaitu kepadatan penumpang kedatangan yaitu H-6 lebaran yang mencapai angka 4.157 pada 2018 dan 4.042 pada 2017.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya