Masa Orientasi, Sekolah Kenalkan Asian Games pada Murid SD

Pendidikan karakter juga ditanamkan melalui maskot

Surabaya, IDN Times - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD Muhammadiyah 18 Surabaya dimulai dengan sesuatu yang menarik. Mengambil momen Asian Games, Kepala sekolah mengajak para siswa baru untuk mendukung dan mengenalkan lomba olahraga serta memeriahkan gelaran pesta olahraga terakbar di Asia itu. Acara ini diselenggarakan di halaman SD Muhammadiyah 18 Surabaya, Senin (16/7).

1. Perkenalkan jenis lomba hingga maskot

Masa Orientasi, Sekolah Kenalkan Asian Games pada Murid SDIDN Times/Fitria Madia

Kepala sekolah SD Muhammadiyah 18 Surabaya, Cahyo Iswahyudi mengungkapkan pihaknya mengambil momen untuk Asian Games karena sekolah tersebut mendukung gelaran Asian Games. "Sekaligus untuk menumbuhkan rasa cinta negara kita terhadap anak-anak, lewat seperti maskot, Bhin-bhin, Atung, dan Kaka," jelas Cahyo.

Sebanyak 100 siswa baru kelas I diperkenalkan tentang Asian Games, karakter-karakter yang menjadi maskot dalam gelaran lomba olahraga se Asia, serta bendera-bendera negara Asia.

2. Pendidikan karakter melalui maskot Asian Games

Masa Orientasi, Sekolah Kenalkan Asian Games pada Murid SDIDN Times/Fitria Madia

Cahyo menambahkan selain mengenalkan perlombaan di Asian Games, pihaknya juga menanamkan karakter positif kepada para siswa baru melalui pengenalan maskot. 

"Seperti kelincahan strategi dan kekuatan. Bagaimana nanti anak-anak menghadapi abad milenial yaitu abad 21, dimana abad teknologi yang sangat pesat itu anak-anak harus mulai ditanamkan karakter yang hebat agar dapat bersaing dengan yang lain," tegas Cahyo.

3. Siswa antusias dengan Asian Games

Masa Orientasi, Sekolah Kenalkan Asian Games pada Murid SDIDN Times/Fitria Madia

Muhammad Raqi (6) salah satu siswa baru menunjukkan antusiasmenya dalam hari pertamanya masuk sekolah. Dengan seragam merah putihnya yang masih baru, ia mengaku senang saat dijelaskan tentang asian games serta mendapatkan teman baru dan hiburan baru. "Seneng banget, dikenalkan bu guru pakai topi yang ada maskot hewannya, ada rusa badak sama burung. Yang punya kekuatan kecepatan kayak rusa juga," ujarnya lugu.

Usai melaksanakan upacara pembukaan, acara tersebut ditutup dengan pelepasan balon dan penandatanganan banner bertuliskan "SDM-18 Sukseskan Asian Games XVIII" oleh kepala sekolah serta beberapa perwakilan siswa baru.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya