Namanya Dicatut Rommy, Begini Kata Khofifah

Ia tidak merasa memberikan rekomendasi kepada Rommy

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menegaskan tidak terlibat pada proses pengangkatan Haris Hasanudin sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur (Jatim). Ia membantah tuduhan yang disampaikan oleh Mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy, yang kini menjadi tersangka KPK atas kasus dugaan jual beli jabatan.

Baca Juga: Rommy Sebut Nama Kiai dan Khofifah Soal Kasusnya, Begini Tanggapan KPK

1. Perkataan Rommy sama sekali tidak benar

Namanya Dicatut Rommy, Begini Kata KhofifahRommy (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Khofifah mengatakan, pernyataan Rommy yang mengatakan Haris merupakan rekomendasinya untuk diangkat menjadi Kakanwil Kemenag Jatim adalah salah besar. Dia sama sekali tidak merasa pernah memberikan rekomendasi seperti yang dikatakan Rommy.

"Sama sekali tidak benar. Makanya teman-teman, sebaiknya tanya kepada Mas Rommy," tegas Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (23/3).

2. Tidak pernah melakukan pertemuan khusus dengan Rommy

Namanya Dicatut Rommy, Begini Kata KhofifahIDN Times/Fitria Madia

Bahkan, Khofifah tidak pernah melakukan pertemuan khusus dengan Rommy untuk membahas jabatan tersebut. Dia menyebutkan jika pertemuan terakhir dengan Rommy adalah saat upacara pelantikan dirinya bersama Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, pada 13 Februari 2019.

"Terakhir ketemu pelantikan di Istana. Ya dia mengucapkan selamat, nyuwun (minta) pangestu. Kan banyak yang kasih ucapan selamat," tutur dia.

3. Serahkan proses pada KPK

Namanya Dicatut Rommy, Begini Kata KhofifahIDN Times/Fitria Madia

Meski begitu, Khofifah tidak akan mempermasalahkan pencatutan namanya oleh Rommy. Dia tidak akan melaporkannya ke polisi. 

Khofifah akan menyerahkan semuanya kepada KPK untuk menyelidiki lebih lanjut apa yang disampaikan oleh Rommy. "Ini kan sudah pada proses di KPK. Kami menghormati proses itu. Kami menyerahkan semuanya pada proses hukum yang sedang berjalan di KPK," imbuh dia.

4. Khofifah siap klarifikasi ke KPK

Namanya Dicatut Rommy, Begini Kata KhofifahIDN Times/Fitria Madia

Meski mengelak, nama Khofifah telah terlanjur disebut oleh Rommy. Apabila nanti Khofifah dipanggil KPK untuk proses pemeriksaan, dia mengaku siap dan akan memberikan keterangan sebagaimana yang diketahuinya.

"Komitmen kami untuk membangun pemerintahan yang bersih. Komitmen kami menjaga bahwa dipastikan tidak boleh ada jual beli jabatan. Saya rasa semua akan support itu. Saya siap menyampaikan klarifikasi," pungkas dia.

5. Rommy catut nama Khofifah

Namanya Dicatut Rommy, Begini Kata KhofifahRommy (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Sebelumnya, Rommy membantah melakukan jual beli jabatan. Ia mengatakan hanya meneruskan rekomendasi yang diberikan oleh orang kompeten. Nama Khofifah pun disebut sebagai salah satu pemberi rekomendasi.

"Dia bilang 'Mas Rommy, percayalah sama Haris karena Haris ini memiliki kinerja yang sangat bagus'. Sebagai gubernur terpilih saat itu, beliau mengatakan sangat percaya dengan kerjanya dan memiliki sinergi dengan Pemprov itu akan lebih baik," ujar dia usai melakukan proses pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (22/3).

Baca Juga: Diperiksa Hari Ini, KPK Ambil Sampel Suara Rommy

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya